Beranda Uncategorized Pemkab Tetap Dukung Pengembangan STAI Sangatta

Pemkab Tetap Dukung Pengembangan STAI Sangatta

99 views
0

SANGATTA- Bupati Kutai Timur (Kutim) Ismunandar berjanji akan terus mendukung pengembangan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sangatta untuk mencetak sumber daya alam (SDA) yang berkualitas dibidang keagamaan. Bupati juga menegaskan bahwa Pemkab Kutim bersedia melengkapi fasilitas pendidikan yang dibutuhkan oleh kampus. Asal kebutuhan yang diperlukan tersebut dikomunikasikan dengan Pemkab Kutim terlebih dahulu.

”Silahkan kirim surat tertulis (resmi), nanti baru ditindak lanjuti,” kata Ismu menanggapi beberapa hal yang disampaikan oleh Ketua STAI Sangatta Siti Hidajatul Hidajah dan Pengurus Yayasan STAI Sangatta Sobirin Bagus terkait fasilitas gedung baru STAI Sangatta yang belum dialiri listrik dari PLN.

Pada kesempatan tersebut, Ismu juga menjelaskan bahwa program pembangunan Gedung STAI Sangatta merupakan investasi yang sangat besar dan mahal. Asset yang ada tentunya memerlukan perhatian dan tidak bisa diurus sendiri. Karena itu Ismu sangat menyayangkan hingga saat ini pihak STAI Sangatta tidak pernah melibatkan Pemkab dalam pengelolaannya. Dia berharap setelah ini ada komunikasi intensif antara STAI Sangatta dengan Pemkab untuk pengelolaan yang lebih baik. Bupati meminta, kedepan setiap kebutuhan yang diinginkan oleh pihak kampus wajib dipresentasikan.

“Surat (yang disampaikan ke Pemkab) tersebut nanti dijadikan sebagai pertanggung jawaban kami (Pemkab). Jadi mari setiap permasalahan dibahas dengan duduk bersama melibatkan OPD terkait dan stakeholder lainnya,” pinta orang nomor satu di Pemkab Kutim ini, di Gedung Serba Guna, Bukit Pelangi, Selasa (4/4).

Mantan Kelapa Dinas Pekerjaan Umum Kutim ini menambahkan, awalnya berdirinya STAI Sangatta tidaklah mudah. Namun karena keinginan yang kuat dari semua pihak akhirnya STAI Sangatta berdiri. Ismu juga mengaku merasa bertanggung jawab dengan keberlangsungan STAI Sangatta. Mengapa? Karena dirinya merupakan salah seorang tokoh dibalik berdirinya kampus ini.

Sebelumnya, pada Rapat Senat Terbuka Wisuda VI Sarjana Strata Satu (S1) Jurusan Tarbiyah Program Studi (Prodi) Syariah dan Prodi Ekonomi Syariah STAI Sangatta Kabupaten Kutim Tahun Akademik 2016-2017, Ketua STAI Sangatta Siti Hidajatul Hidajah dan Pengurus Yayasan STAI Sangatta Sobirin Bagus banyak mengungkapkan beberapa kendala di alami kampus.

Diantaranya fasilitas gedung baru STAI Sangatta di Jalan Soekarno-Hatta belum di aliri listrik PLN. Sehingga menghambat proses belajar mengajar dan administrasi kampus. Kemudian bantuan dana hibah tahun 2017 untuk STAI Sangatta ternyata hanya cukup untuk membayar gaji karyawan dan dosen, selama 5 bulan yaitu Januari-Mei.

“(Namun) Kami berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kutim karena telah membangun kampus seluas 10 hektare. Tetapi karena PLN belum ada sehingga (sedikit) menghambat pengiriman laporan ke BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) yang menggunakan sistem online,” jelasnya. “Saat ini dana hibah 2017 hanya bisa membayar gaji karyawan dan dosen 5 bulan, Januari-Mei, tetapi para dosen dan karyawan masih semangat, telihat dari absensi finger chek clock sesuai jam kantor,” tambahnya.

Sebelum penyampaian sambutan dari para tokoh tersebut, dilaksanakan prosesi wisuda 101 S1 dan STAI Sangatta Tahun Akademik 2016-2017. Masing-Masing 53 Jurusan Tarbiyah dan 48 Jurusan Syariah. Turut diumumkan wisudawan dan wisudawati terbaik jurusan syari’ah dengan perolehan nilai Cumlaude. Mulai dari Roina Barokatin dengan IPK 3,62, lalu Arif Indah Isnawati IPK 3,62, kemudian Rahmawati IPK 3,61 dan terakhir Zulkadrin IPK 3,61.

Disaksikan Wakil Ketua 1 Bidang Akdemik STAI Sangatta Surono Achmad, Pengurus Yayasan STAI Sangatta Sobirin Bagus, Ketua Kopertis Wilayah XI Kalimatan Ahmad Fauzi Aseri, Anggota senat, para wisudawan serta keluarga. (hms7)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here