Beranda Pendidikan Hari Kartini Bukan Sekedar Seremonial – Wanita Kutim Diharapkan Tingkatkan Peran Demi...

Hari Kartini Bukan Sekedar Seremonial – Wanita Kutim Diharapkan Tingkatkan Peran Demi Kemajuan

86 views
0

SANGATTA- Peringatan Hari Kartini di Kabupaten Kutai Timur (Kutim), khususnya di ibukota Sangatta berlangsung semarak. Tak hanya melibatkan siswa sekolah, namun para ibu-ibu Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kutim. Untuk di Kutim, peringatan hari kelahiran pejuang emansipasi wanita ini dipusatkan di SDN 009 Sangatta Utara. Dipimpin Wakil Bupati Kutim H Kasmidi Bulang, mewakil Bupati H Ismunandar, Sabtu (21/4/2018).

Turut mengikuti upacara yakni para “Kartini Kutim” seperti Ketua TP PKK Kutim Ny Hj Encek UR Firgasih dan para pengurus TP PKK, perwakilan organisasi wanita, para guru lengkap dengan kebaya terbaiknya, beberapa Anggota DPRD Kutim serta siswa siswi yang berbaris rapi mengenakan pakaian adat nusantara.

“Atas nama pribadi, Masyarakat dan Pemerintah Kabupaten, kami ucapkan Selamat Hari Kartini, majulah perempuan di Kabupaten Kutai Timur,” kata Kasmidi pada upacara peringatan hari Kartini.

Dia mengatakan, dengan momentum peringatan hari Kartini diharapkan bisa membuat banyak perempuan-perempuan di Kabupaten Kutim memiliki sifat, karakter serta semangat Kartini, dalam meningkatkan perannya demi kemajuan Masyarakat, Daerah dan Negara.

Peringatan Hari Kartini bukan seremonial belaka, namun lebih kepada upaya meningkatkan sinergitas dan koordinasi. Dalam mendukung terwujudnya masyarakat yang sejahtera. Pada program yang terarah, berorientasi kedepan dan bermanfaat bagi masyarakat. Terutama berpartisipasi dalam pengentasan kekiskinan melalui penanganan masalah pendidikan, kesehatan dan peningkatan keterampilan kerja masyarakat.

Melengkapi momen tersebut, juga dilakukan peresmian mushola sekolah, launching marching band sekolah serta quis bagi siswa dengan hadiah sebuah sepeda.

Ketua TP PKK Kutim Ny Hj Encek UR Firgasih yang juga Bunda PAUD Kutim setelah acara menambahkan bahwa dibalik suksesnya sebuah keluarga tidak luput dari peran seorang perempuan yang kuat dan tabah dalam memikul beban sebagai seorang istri. Kartini zaman sekarang adalah seorang ibu, seorang karyawati atau seorang anggota masyarakat yang baik dan berkepribadian.

“Oleh karena itu diharapkan seluruh masyarakat, khususnya wanita bisa selalu mengingat perjuangan yang telah dilakukan Kartini. Agar semua orang dapat menghargai perempuan yang ada di Indonesia ini,” tukasnya.

Diseputaran Jalan APT Pranoto jiga nampak iring-iringan siswa SDN 007 yang semangat berparade memperingati hari Kartini. Ratusan siswa juga nampak menyalami para polisi yang bertugas mengamankan lalu lintas. Sebagai tanda horma pada orang tua. (hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here