Beranda Kutai Timur SMEP TP PKK Kutim 2018 – Beri Pehatian Khusus Untuk Posyandu

SMEP TP PKK Kutim 2018 – Beri Pehatian Khusus Untuk Posyandu

368 views
0

SANGATTA- Perhatian khusus kepada Posyandu sebagai wadah terdepan dalam pemberian layanan sosial dasar kepada masyarakat terus diberikan oleh Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Kutai Timur (TP PKK Kutim). Hal tersebut telah menjadi fokus utama dalam pokok pikiran dari Supervisi, Monitoring, Evaluasi dan Penilaian (SMEP) TP PKK Kabupaten untuk TP PKK Kecamatan dan Desa.

“Karena posyandu saat ini tidak hanya menyelenggarakan layanan kesehatan dasar ibu dan balita, tetapi juga sebagai tempat pelayanan yang dilakukan secara terpadu bagi bidang kesehatan, pendidikan, bina keluarga juga peningkatan ekonomi kader,” kata Ketua TP PKK Kabupaten Kutim Ny Hj Encek UR Firgasih dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wakil Ketua TP PKK Kutim Ny Tirah Satriani, saat kunjungan kerja TP PKK Kutim untuk SMEP TP PKK Kecamatan dan Desa 2018, di Kecamatan Batu Ampar, Rabu (21/11/2018).

Ny Firga menjelaskan SMEP bukan berarti mencari-cari dan memeriksa kesalahan, namun merupakan langkah pembinaan dan silaturahim antara TP PKK Kabupaten, Kecamatan dan Desa. Pokok pikiran SMEP juga untuk menambah penguatan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas). Serta memperkuat keberadaan kelompok Dasawisma sebagai garda terdepan gerakan PKK. Sebagai gerakan dari, oleh dan untuk masyarakat.

“PKK merupakan mitra kerja Pemerintah dalam melaksankan program-program pembangunan. Tercermin dalam 10 program pokok PKK yang selama ini telah berjalan dan berkembang dengan hasil positif,” jelasnya.

Untuk kunker kali ini, Ny Tirah yang mengenakan seragam lapangan PKK datang didampingi Sekretaris TP PKK Kutim dr Yuwana Sri Kurniawati. Berikut Ketua Pokja I H Yurlenah, Pokja II, Pokja III dan Pokja IV.

Masih mewakili pimpinannya, Ny Tirah mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh jajaran Tim Penggerak PKK. Baik itu di Kabupaten, Kecamatan maupun Desa beserta para kadernya yang telah bekerja keras demi peningkatan kualitas bangsa khususnya di Kabupten Kutim. Melalui upaya-upaya dalam memberdayakan dan menyejaterahkan keluarga sesuai visi misi Kabupaten Kutim yakni mewujudkan Gerbang Desa Madu (Gerakan Pembangunan Desa Mandiri dan Terpadu) secara fokus dan tuntas.

Sementara Ketua TP PKK Kecamatan Batu Ampar Ny Siti Faridah Eka melaporkan bahwa TP PKK Kecamatan Batu Ampar telah melaksanakan pembinaan Dasawisma di 7 Desa. Belum lama ini juga telah melaksanakan pelatihan tata rias kecantikan bagi anggota TP PKK Kecamatan dam Desa. Pihaknya juga telah mengoleksi prestasi yang cukup banyak. Diantaranya juara II lomba masak serba ikan kategori menu kudapan, juara II lomba masak serba ikan kategori menu balita.

“Meraih juara umum lomba masak serba ikan, juara harapan I, lomba administrasi, lomba penyuluhan peran kader dalam gerakan masyarakat sehat menuju Kutim sehat tahun 2020 sebagai juara harapan III,” sebutnya.

Tak hanya itu pada lomba UP2K juga keluar sebagai juara harapan III, lomba penyuluhan BKB juara harapan III, lomba pemanfaatan Toga oleh Desa Batu Timbau Kecamatan Batu Ampar juara 1, lomba posyandu ‘Posyandu Kasih Ibu’ oleh desa Batu Timbau Ulu Kecamatan Batu Ampar juara harapan III. (hms15)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here