Beranda Kutai Timur Ratusan Siswa SMP/MTs Ikuti OSN – Dilaksanakan Serentak Se-Indonesia

Ratusan Siswa SMP/MTs Ikuti OSN – Dilaksanakan Serentak Se-Indonesia

336 views
0

Antusias Siswa SMP/MTs Se-Kutim, Ikuti OSN Tingkat Kabupaten Kutim, Sabtu (16/3/2019) di SMPN 1 Sangatta Utara (Foto: Ist)

SANGATTA – Sebanyak 201 siswa perwakilan dari SMP/MTs se-Kabupaten Kutai Timur  (Kutim) mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP Tahun 2019. Kegiatan yang digelar sehari tersebut dibuka resmi Plt Kepala Dinas Pendidikan Kutim, Roma Malau, Sabtu (16/3/2019) di SMP Negeri 1 Sangatta Utara. Bidang Lomba yang dilombakan pada OSN SMP tahun  ini terdiri dari tiga bidang lomba yakni Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial.

Kepala Plt Dinas Pendidikan Kutim Roma Malau, melalui Kepala Bidang Pendidikan Menengah Tri Untiastuti, OSN adalah salah satu program Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Diselenggarakan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di bidang Sains.

“Kompetisi ini merupakan salah satu sarana bagi para pelajar tingkat SMP untuk mengimplementasikan penguatan pendidikan karakter (PPK). Sekaligus menjadi ajang untuk meningkatkan prestasi dibidang keilmuan,” ungkap Unti, sapaan akrab Tri Untiastuti didampingi Ketua Pelaksana OSN SMP tahun 2019, Abbas Husaini.

Ditambahkan Unti, pelaksanaan OSN SMP Tahun 2019 dilaksanakan secara berjenjang. Mulai dari tingkat Kabupaten/Kota, lalu tingkat Provinsi dan Nasional. Proses seleksi tersebut bertujuan menjaring pelajar terbaik yang akan berkompetisi di tingkat Provinsi dan jika mungkin ke Nasional. Lomba diikuti siswa terbaik yang diutus dari sekolah masing-masing.

Sebagai tambahan, siswa terbaik OSN dari Kabupaten nantinya bakal mewakili Kutim ke tingkat Provinsi di Samarinda pada 13 April 2019. Jika sukses menjadi juara ditingkat Kaltim maka bisa berlaga ketingkat nasional di Kalimantan Barat. Dilaksanakan pada 30 Juni – 6 Juli 2019. (hms15)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini