Beranda Pemerintahan Usulan RKPD Fokus Tiga Bidang – Bidang SDM, Ekonomi dan PPW

Usulan RKPD Fokus Tiga Bidang – Bidang SDM, Ekonomi dan PPW

76 views
0

Kepala Bappeda Kutim Edward Azran dalam kegiatan Konsultasi Publik Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2020 dan Forum Gabungan OPD Kabupaten Kutai Timur (Kutim) tahun 2019. (Foto: Wak Hedir)

SANGATTA – Konsultasi Publik Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2020 dan Forum Gabungan OPD Kabupaten Kutai Timur (Kutim) tahun 2019, di Gedung Serba  Guna (GSG), Pusat Perkantoran Pemkab Kutim, Selasa (19/3/2019), telah menyepakati sebanyak 1.484 program untuk dibahas kembali dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbangkab).

Rincian ribuan usulan program dimaksud yaitu untuk bidang SDM Pemerintahan dan ASN, ada beberapa kegiatan. Total ada 907 usulan dan disepakati 746 program. Antara lain usulan yang berhubungan dengan peningkatan aksesibilitas pemertaan dan kualitas kesehatan, peningkatan aksesibilitas pemerataan dan Pendidikan. Peningkatan keterampilan kerja, peningkatan aksesibilitas pemerataan pendapatan. Serta peningkatan perlindungan sosial bagi masyarakat miskin, peningkatan kehidupan beragama dan seni budaya, peningkatan kompetensi SDM aparatur, penguatan desa dan kecamatan dan peningkatan tata kelola pemerintahan berbasis “IT Good Government”.

Sedangkan, Bidang ekonomi SDA dan LH, ada 775 usulan. Dari usulan 775 tersebut disepakati oleh forumdes masing-masing sebanyak 381 usulan. Selanjutnya dalam bidang ekonomi yang menjadi titik tumpuh usulan-usulan yang berjumlah 775 tersebut adalah penguatan penyediaan pangan berbasis sumberdaya lokal, baik dalam intensifikasi, diversifikasi dan ekstensifikasi. Peningkatan kapasitas produksi dan produkstifitas produk pangan, peningkatan kapasitas produksi dan produkstifitas perkebunan, penguatan kelembagaan menuju sistem agribisnis dan agroindustri yang berkelanjutan. Tempat pengembangan komunitas agribisnis unggulan daerah menuju daya saing daerah yang lebih baik, peningkatan kualilitas SDM berbasis tepat guna (TTG) mendukung daya saing komunitas unggulan daerah. Peningkatan pemanfaatan keanekaragaman hayati sebagai wisata terintegrasi program ekowisata.

“Untuk bidang prasarana dan pengembangan wilayah dalam masing diskusi pleno terdapat kurang lebih 1.217 usulan. Dari 1.217 usulan yang dapat disepakati oleh anggota des dan anggota pleno sebanyak 357 usulan. Dari 357 usulan tersebut bertitik tumpu pada tiga hal yakni, pengembangan sistem jaringan drainase dan irigasi, peningakatan aksesibilitas dan mobilitas transportasi serta keterhubungan antar desa dan kecamatan, serta peningkatan akses infrastruktur dasar air baku, air bersih dan listrik,” pungkas Kepala Bappeda Kutim Edward Azran. (hms15)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here