Beranda Kutai Timur Puskesmas Dan RSUD Tetap Beroperasi – Saat Cuti Bersama dan Lebaran Nanti

Puskesmas Dan RSUD Tetap Beroperasi – Saat Cuti Bersama dan Lebaran Nanti

71 views
0

Seketaris Dinas Kesehatan Hariyati. (Foto: Wahyu Humas)

SANGATTA – Masyarakat di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) tak perlu khawatir tidak mendapatkan pelayanan kesehatan saat cuti bersama pegawai atau lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah nanti. Pasalnya, Dinas Kesehatan selaku leading sector pelayanan kesehatan, membawahi Puskesmas se-Kutim dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sangkulirang telah menginstruksikan kepada jajarannya untuk tetap memberikan pelayanan extra.

“Menyampaikan di bulan Ramadhan untuk menyambut lebaran, kami sudah mempersiapkan seluruh Puskesmas untuk terus menerus oprasional. Terutama untuk Unit Gawat Darurat (UGD). Jadi nanti dihari libur nasional akan terus buka melayani pasien seperti hari-hari biasa,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan Hariyati mewakili kepala dinasnya.

Kepada seluruh peserta rapat koordinasi yang dipimpin Sekretaris Kabupaten Irawansyah di Ruang Meranti, Kantor Bupati, Senin (20/5/2019), Hariyati menjelaskan pula mekanisme jajarannya dalam memberikan pelayanan prima walaupun cuti massal nanti. Yakni petugas menggunakan jadwal dari pagi, siang, dan malam.

Berikutnya sebagai pendukung kelancaran operasional, seluruh Puskesmas di Kutim diminta untuk mempersiapkan obat-obatan. Khususnya untuk penanganan yang sifatnya darutat.

“Kami juga sudah mengintruksikan seluruh rumah sakit yang ada di Kutim untuk terus membuka UGD-nya  dan mempersiapkan dokter jaga disetiap rumah sakit selama lebaran,” tegasnya.

Sementara itu Dinkes Kutim sendiri bersinergi dengan Dinas Peindustrian turun lapangan mengecek bahan makanan yang sudah kadarluwarsa. Terakhir, juga telah membuka clinik center yang berada didaerah Teluk Lingga terutama untuk korban kecelakan berkendara selama lebaran.

Seskab H Irawansyah menyambut baik informasi dan strategi pelayanan prima yang disampaikan Seketaris Dinkes. Sebagai penegasan, Irawansyah mengatakan bahwa UGD memang wajib beroperasi. Terutama untuk penaganan pasien yang sangat membutuhkan. Selain itu RSUD Kudungga juga dipastikan beroperasi seperti biasa.

“Mudahan dengan adanya kesiapan dari seluruh tenaga medis saat lebaran, mampu memberikan kemudahan dalam berobat untuk masyarakat Kutim,” tutupnya. (hms7)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here