Beranda Pertambangan & Energi KPP Grup Kelola Kawasan Perusahaan Dengan Konsep Modern

KPP Grup Kelola Kawasan Perusahaan Dengan Konsep Modern

270 views
0

Bupati saat meninjau kawasan perusahaan KPP Grup. (Foto: Jani Humas)

SANGKULIRANG – Beberapa fasilitas dan unit usaha di kawasan Kayan Patria Pratama (KPP) Grup, membuat Bupati Kutai Timur (Kutim) H Ismunandar terkagum-kagum. Pasalnya perusahaan yang letaknya jauh dari ibukota mampu menyulap kawasan perusahaan dengan konsep modern.

Pada Kunjungan kerja saat menghadiri wisuda SMK Tridaya Harapan di Desa Pelawan, Kecamatan Sangkulirang, Senin (20/5/2019), Bupati diajak pihak perusahaan meninjau beberapa fasilitas dan unit usaha di KPP Grup.

Tujuan pertama Bupati Ismunandar yaitu meninjau pabrik pengolahan karet yang dikelola oleh PT Hanusentra Agro Karet (HAK). Saat itu diperlihatkan proses pembuatan karet, mulai dari getah hasil sadapan yang dibawa petani, hingga akhirnya menjadi lembaran karet setengah jadi.

Kemudian rombongan berlanjut  ke pengolahan air bersih yang bersumber dari mata air desa setempat. Sumber air tersebut bahkan rencananya akan diolah menjadi air mineral kemasan. Dengan potensi sekitar 5.000 botol perjam dengan ukuran kemasan 330, 500 dan 1200 ml yang akan di konsumsi masyarakat yang berada di wilayah KPP Grup.

Di sungai yang tak jauh dari tempat pengolahan air, Bupati juga diajak melepas bibit ikan nila dan emas, sebanyak 5 Kg. Pelepasan bibit ikan, ternyata merupakan kegiatan rutin para karyawan dari seluruh site KPP Grup, setiap hari Jumat. Bahwa hal tersebut merupakan proses menghormati alam. Jadi hasil yang diperoleh dari alam, dikembalikan ke alam. Agar Bisa dinikmati masyarakat Desa Kelolokan.

Selanjutnya tak jauh dari tempat pelepasan ikan, Bupati mengunjungi  TK Tridaya Harapan Yayasan Kayan Makmur. Kemudian yang menarik perhatian sejak rombongan datang, dilokasi itu juga terdapat pusat perbelanjaan modern bernama Hanumart. Selain menjual kebutuhan pokok, Hanumart juga menjual produk olahan warga, karyawan maupun UKM Desa Kelolokan. Bahkan disebelahnya, tersedia sebuah cafe atau tempat menikmati kopi seperti layaknya di kota Sangatta.

“Ternyata di tengah hutan ada toko modern dan cafe seperti di kota juga,” ujar Bupati Ismunandar, usai melihat-lihat lingkungan KPP Grup. 

Menurut Ismunandar KPP Grup, tak hanya berinvestasi di dunia usaha, tapi juga di bidang SDM. Pembangunan pabrik karet, tidak hanya karet mentah tapi barang setengah jadi. 

“Inilah harapan kita, investasi di Kutim tak hanya hulunya saja, tapi juga ke hilir. Bahkan kalau bisa, suatu saat end produk juga bisa dihasilkan di Kutim. Seperti rencana produk air mineral kemasan dengan memanfaatkan sumber air baku yang ada, tinggal operasionalnya saja,” ujar Ismu yang hadir didampingi Camat Sangkulirang Tajuddin, Kepala Bappeda Kutim Edward Azran, sejumlah pejabat dari OPD dan unsur FKPD Kecamatan.

Executive Director KPP Grup Soesanto menjelaskan, pihaknya sengaja membangun kawasan dengan konsep modern. Bertujuan agar para karyawan tidak kesulitan mendapat fasilitas layaknya di kota, walaupun berada ditengah hutan jauh dari keramaian.

“Kita juga punya kebun buah dan sayur sendiri, ada juga tanaman sela diperkebunan seperti jahe, pisang, nanas dan serai itu diolah oleh ibu- ibu karyawan agar mereka tidak merasa bosan. Termasuk tempat Ibadah masjid dan gereja. Kedepan kita juga akan lengkapi dengan ATM agar para karyawan tidak disulitkan dengan masalah fasilitas,” ungkap Soesanto. (hms10)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here