Beranda Kutai Timur Ribuan Peserta Akan Serbu Kutim – Sukseskan Tiga Even Tingkat Kaltim di...

Ribuan Peserta Akan Serbu Kutim – Sukseskan Tiga Even Tingkat Kaltim di Sangatta

68 views
0

Saat Dialog interaktif melalui siaran RRI Kaltim di Samarinda. (Foto: Ist)

SAMARINDA- Bisa diprediksi pelaksanaan tiga even akbar tingkat Provinsi Kaltim yang akan dipusatkan di Kabupaten Kutai Timur pada 24-27 Juni 2019 bakal meriah. Apa sebabnya? Sesuai perkiraan panitia pelaksana, bakal ada sekitar 1.500 peserta dari 10 kabupaten/kota se Kaltim yang bertandang ke Sangatta.

Terdiri dari 781 peserta Peringatan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (HKG-PKK) ke 47. Selebihnya merupakan peserta Gelar Teknologi Tepat Guna (Gelar TTG) 2019 dan Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong (BBGRM) ke 16 tingkat Kaltim.

Kepala DPMPD Kaltim, Moh Jauhar Efendi saat menjadi narasumber dialog interaktif melalui siaran RRI Samarinda, Selasa (11/6/2019) menjelaskan pihaknya sejak awal menargetkan agar ketiga even dimaksud dihelat jadi satu. Agar lebih efisien dan lebih semarak dengan dihadiri banyak peserta.

“Selain menghadirkan ribuan peserta, diharapkan kegiatan juga menarik minat pengunjung berdatangan. Sehingga mampu menggerakan ekonomi masyarakat,” harapnya.

Saat perhelatan Gelar TTG Nasional di Kaltim beberapa tahun lalu, sambungnya, tercatat banyak transaksi terjadi. Karena produk yang dipamerkan dibeli dan menjadi perputaran ekonomi di masyarakat setempat. Seperti saat pelaksanaan pertama penggabungan tiga agenda sekaligus di Kabupaten Berau pada 2018. Untuk itu perhelatan di Kabupaten Kutim pun diharapkan merengkuh sukses serupa. Yakini sukses penyelenggaraan dan menggerakan ekonomi masyarakat.

Demi suksesnya kegiatan, Jauhar memberi masukan agar Pemkab Kutim selaku tuan rumah menyiapkan acara dengan target menarik minat masyarakat untuk hadir. Misalnya menggelar acara dilokasi ramai dan menghadirkan artis ibukota sebagai magnet. Mengerahkan siswa sekolah melalui Disdik agar hadir melihat. Sebagai pembelajaran bagimana menciptakan inovasi teknologi terapan yang berguna membantu kehidupan masyarakat.

“Bila perlu siapkan doorprize agar tertarik datang,” kata Jauhar yang menjadi nara sumber bersama Ketua LPM Kaltim, Mujarni Mubarak, Wakil Ketua II TP-PKK Kaltim, Putum Hubaib Aswin, Wakil Bupati Kutai Timur, Kasmidi Bulang, dan Ketua TP-PKK Kutai Timur, Encek UR Firgasih.

Jauhar berharap HKG-PKK dapat menjadi ajang silaturahim dan adu ketangkasan antara anggota PKK, berlomba melaksanakan tugas antar Pokja PKK. Sedangkan Gelar TTG memamerkan peralatan sederhana ramah lingkungan ciptaan masyarakat. Dengan harapan menjadi media informasi dan terjadi transasksi hasil inovasi tekonologi masyarakat. Sementara untuk Pencanangan BBGRM diharapkan dapat meningkatkan semangat gotong royong yang terasa mulai menurun di kalangan masyarakat saat ini. (*/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here