Beranda Entertainment Paser Juara Umum TTG ke 6 Tingkat Kaltim

Paser Juara Umum TTG ke 6 Tingkat Kaltim

72 views
0

Foto bersama Bupati Kutim Ismunandar, Ketua DPMD Kaltim Jauhar Efendi dan Ketua DPMD Kutim Suwandi dengan para pemenang pameran TTG ke 6 pada acara puncak HKG ke 47, TTG, BBGRM ke 16 di Graha Expo Sangatta. (Foto: Jani Humas)

SANGATTA – Perhelatan gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) ke 6 Tingkat Provinsi Kaltim telah usai digelar. Kegiatan yang menghadirkan puluhan cipta karya dari 10 Kabupaten/ kota se Kaltim ini resmi berakhir pada Kamis (27/6/2019).

Kegiatan yang dipusatakan di Graha Expo Sangatta ini menampilkan berbagai teknologi terapan masyarakat. Dalam ajang ini Kabupaten Paser berhasil menjadi juara umum.

Penggiat TTG Kabuaten Paser, Agus Salim dan Pos Pelayananan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) Taka Berkerai, Kecamatan Long Ikis, , Jaelani masing-masing menjadi terbaik pertama penilaian kategori TTG Unggulan dan Kategori Posyantek tingkat Provinsi Kaltim tahun 2019.

Kemudian disusul juara kedua dan ketiga kategori TTG Unggulan diraih Penggiat TTG Balikpapan, Agus dan Penggiat TTG Samarinda, Toto. Selanjutnya juara kedua dan ketiga kategori Posyantek diraih Posyantek Kumala, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kukar, Latif dan Posyantek Riyoto, Kutai Timur, Ahmad Suyoto.

Ketua Tim Penilai Gelar TTG Tingkat Provinsi Kaltim, Endang Efendi rapat penetapan pemenang berlangsung alot. Sebab semua peserta menunjukan kualitas produk alat TTG yang dihasilkan.

“Makanya ini yang ditetapkan juara yang merupakan hasil akhir kesepakatan seluruh tim penilai. Akumulasi penilaian semua aspek yang ditetapkan,” ujarnya.

Ditemui ditempat berbeda, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMD) Jauhar Efendi mengungkapkan, pameran

teknologi tepat gunai tahun ini  menunjukan peningkatan.

“Jadi banyak peralatan baru yang dipamerkan. Kita harapkan pada even TTG tingkat asional nanti bisa dibawa untuk dipamerkan,” tutur Jauhar.

Dirinya menilai karya masyarakat yang ditampilkan seperti stimer dari Kota Balikpapan, lalu dari Kabupaten Kukar dengan mesin giling multi guna, nenurutnya sudah cukup bagus. Termasuk teknologi pengelolaan air bersih dari Kutim yang dapat dikelola oleh Bumdes, sehingga dapat menjadi sumber pendapatan asli desa dan dimanfaatkan untuk meningkatkan drajat masyarakat. (hms10)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here