Beranda Kutai Timur APBN Dukung Pembangunan Delapan Pasar Di Kutim – Dua Diantaranya “On Progress”

APBN Dukung Pembangunan Delapan Pasar Di Kutim – Dua Diantaranya “On Progress”

63 views
0

Saat Bupati tinjau Pasar Rakyat Muara Bengkal yang baru saja diresmikan.(Foto: Dok Humas)

SANGATTA – Guna memperlancar penjualan hasil produksi dan memudahkan memperoleh barang atau jasa yang dibutuhkan, Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Daerah membangun pasar. Pembangunan pasar di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negera (APBN) dibagi dalam dua, yakni dana Tugas Pembantuan (TP) dan Dana Alokasi Khusus (DAK).

Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kutim H Zaini, SE mengatakan, pasar yang sudah dibangun di Kutim melalui dana APBN sampai tahun 2019 sebanyak 10 pasar. Dibangun melalui DAK yang anggarannya Rp 1-2 miliar, sedangkan yang dibangun melalui dana TP anggarannya Rp 6 miliar.

“Alhamdulillah dari 10 pasar tersebut, 8 sudah selesai, tinggal ditempati. Peresmian juga telah dilakukan oleh Bupati Kutim H Ismunandar. Tinggal fasilitas air dan listrik, ini akan diupayakan melalui APBD-Perubahan nanti,” jelas Zaini

Masih ada dua pasar yang belum, lanjut Zaini, yakni pasar Long Mesangat dan Busang. Progresnya hampir selesai, sudah 60-70 persen. Diperkirakan bulan depan (September) bangunan telah selesai.

“Kami harap semua Kecamatan, sudah memiliki pasar. Kemudian yang belum terbangun akan terus diupayakan,” harapnya.

Sebagai informasi, 10 pasar yang dibangun melalui dana APBN diantaranya, Pasar Padang Raya Kecamatan Rantau Pulung (dana TP), Pasar Benua Baru Kecamatan Muara Bengkal (dana TP), Pasar Induk Kecamatan Sangatta Selatan atau Pasar Beringin di Sangkima (dana DAK), Pasar Kongbeng Kecamatan Kongbeng (dana TP), Pasar Muara Pantun Kecamatan Telen (TP) Pasar Kecamatan Karangan (DAK), Pasar Beringin (DAK), Pasar Mukti Utama Kecamatan Long Mesangat dan Pasar Busang masih dalam proses pembangunan sudah 70 persen.(hms15)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here