Beranda Keagamaan 178 Haji Kutim Tiba di Sangatta – Diminta Jadi Panutan, Wujudkan Daerah...

178 Haji Kutim Tiba di Sangatta – Diminta Jadi Panutan, Wujudkan Daerah Damai

69 views
0

Suasana penyambutan haji Kutim di Masjid Al Faruq, Bukit Pelangi. (Foto: Fuji Humas)

SANGATTA- Setelah dinanti-nanti sejak pagi hari, akhirnya sekitar pukul 11.35 wita, rombongan bus yang membawa 178 jamaah haji asal Kabupaten Kutai Timur (Kutim) yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 5 embarkasi Balikpapan, tiba di Masjid Agung Al Faruq, Komplek Islamic Center, Bukit Pelangi, Kamis (5/9/2019). 

Di halaman masjid nampak ratusan masyarakat sudah sejak pagi menanti anggota keluarganya. Mungkin karena rasa rindu sudah menggebu tak bersua lebih sebulan lamanya, ketika melihat unit bus VIP memasuki area parkir masjid, sorak sorai dan ucap syukur langsung diteriakan oleh para keluarga yang sudah semakin tak sabar berjumpa jamaah.

Satu persatu jamaah haji dengan aroma harum wewangian turun dari bus memasuki bagian dalam masjid, dengan pengamanan personel Satpol PP Kutim. Banyak jamaah haji tak kuasa menahan rindu, saat melihat keluarganya dan langsung berpelukan dengan isak tangis haru. Acara formal penyambutan jamaah haji Kutim baru bisa dimulai sekitar pukul 12.00 wita, setelah semua rombongan berada di dalam masjid.

“Selamat datang kembali di Kutim kepada seluruh jamaah haji,” kata Wabup Kutim H Kasmidi Bulang mewakili Bupati.

Sebelumnya Wabup lebih dulu menyampaikan permohonan maaf ketidak hadiran Bupati, karena saat bersamaan sedang kunjungan kerja ke Kecamatan Muara Wahau. Kasmidi bersyukur seluruh jamaah haji Kutim kembali dalam keadaan sehat dan selamat. Dia berharap setelah menjalankan ritual haji, seluruh haji Kutim bisa mengamalkan semua kebaikan. Menjadikan Kutim tempat yang damai.

“Jadi panutan dan pelopor untuk menjadikan Kutim menjadi daerah yang lebih baik,” harap Wabup.

Sebelum mengakhiri sambutan, Kasmidi mengajak seluruh jamaah dan undangan yang hadir, mendoakan dua haji Kutim yang meninggal di tanah suci Mekkah. Salam-salaman dan sholat dzuhur berjamaah menjadi penutup penyambutan haji kali ini. Terlihat Seskab Kutim H Irawansyah dengan para pejabat lainnya ikut menyambut. Termasuk Kepala Kemenag Kutim H Ambotang, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, tokoh agama dan masyarakat. Perlu diketahui, untuk 31 haji Kutim lainnya yang terpisah dan tiba berbarengan dengan jamaah kloter 15, pada 15 September 2019 nanti. (hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here