Beranda Entertainment Semua Kalangan Peringati 2 Oktober Sebagai Hari Batik Nasional

Semua Kalangan Peringati 2 Oktober Sebagai Hari Batik Nasional

86 views
0

Pegawai nampak antusias memperingati hari Batik Nasional dengan menggunakan pakaian batik, yang peringatannya tepat hari ini 2 Oktober (Foto: Fuji Humas)

SANGATTA – Hari ini, 2 Oktober adalah perayaan hari Batik Nasional. Sesuai Keputusan Presiden Nomor 33 Tahun 2009, setiap tanggal 2 Oktober dinyatakan sebagai Hari Batik Nasional. Pemilihan 2 Oktober tersebut dilakukan berdasarkan keputusan UNESCO (United Nations for Educational, Scientific and Cultural Organization), yaitu Badan PBB yang membidangi pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan, yang menetapkan Batik Indonesia sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity).

Untuk itu, Aparatur Sipil Negara (ASN) serta Tenaga Kerja Kontrak  Daerah (TK2D) di lingkup Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) juga memperingatinya dengan mengenakan pakaian batik nasional. Tidak seperti biasanya, ASN mestinya memakai seragam putih dan hitam setiap hari rabu. 

“Kita juga turut memperingati hari batik nasional. Karena seluruh Indonesia bahkan dunia memperingati 2 Oktober sebagai hari batik, ” ucap Wahyu salah seorang TK2D Sekretariat Pemkab Kutim yang mengenakan batik nuansa hijau ini. 

Tak hanya ASN, karyawan diperusahaan, BUMN, BUMD bahkan anak – anak sekolah pun turut mengenakan batik. (hms15)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here