Beranda Entertainment Di PRKE, Distan Suguhkan Karya Seni Dari Hasil Bumi

Di PRKE, Distan Suguhkan Karya Seni Dari Hasil Bumi

123 views
0

Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian Kutim, Siti Nurjanah (jilbab kuning) bersama staf Dinas Pertanian saat menjaga stan pada pembukaan PRKE tahun 2019 (Foto: Wak Hedir Humas)

SANGATTA – Dinas Pertanian Kabupaten Kutim tampil beda pada penyelenggaraan Pekan Raya Kutim Expo (PRKE) 2019. Sebab, berbagai komoditi hasil pertanian, khususnya komoditi hortikultura. Lebih menariknya lagi, sayuran dan buah tersebut dihias menyerupai gunung yang puncaknya dihinggapi dua burung enggang.

Kepala Dinas Pertanian Kutim Sugiono, melalui Kepala Bidang Penyuluhan Siti Nurjanah mengatakan kali ini Distan memamerkan komoditi – komoditi pertanian khususnya hortikultura, buah – buahan dan sayuran.

“Selain itu, ada produk olahan dari kelompok tani, beras, baik organik maupun beras merah dari para petani sendiri. Selain itu juga pupuk cair dan benih padi,” ungkap Nurjanah yang turut menjaga stan.

Tahun ini, lanjut Nurjanah, Dinas Pertanian dalam mengikuti pameran mengusung tema “Sukseskan Upsus Pajale dan Siwab menuju Swasembada Pangan dan Daging Tahun 2024”.

Lebih lanjut Dia menerangkan, program Upaya Khusus Padi, Jagung dan Kedelai (Upsus Pajale) dan Sapi Indukan Wajib Bunting (Siwab) merupakan program Kementan untuk menuju swasembada pangan dan daging tahun 2024.

“Kita (Distan) ingin Kutim pada tahun 2024 nanti sudah swasembada pangan dan daging nantinya. Sehingga tidak lagi mendatangkan dari luar,” tuturnya.

Sementara itu, dr Hewan Cut Mutia mengatakan untuk program Siwab sendiri, sampai saat ini sudah mencapai 85 persen. Target Siwab di Kutim yakni sebanyak 870 ekor sapi. (hms15)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here