Beranda Pemerintahan Disdukcapil Telah Cetak 20 Ribu KIA

Disdukcapil Telah Cetak 20 Ribu KIA

186 views
0

Gambar Ilustrasi, Kartu KIA  yang telah di cetak (Foto: Wahyu Humas)

SANGATTA – Tahukah Anda, mulai tahun ini anak harus memiliki Kartu Identitas Anak (KIA). Merujuk pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2016 tentang KIA, bahwa anak yang berusia 0 tahun sampai kurang dari 17 tahun dan belum menikah harus memiliki KIA. Sama halnya dengan kartu identitas orang dewasa, KIA berfungsi sebagai kartu identitas anak yang bertujuan untuk meningkatkan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik serta sebagai upaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara.

Selama beberapa tahun terakhir Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) telah mencetak sekitar 20 ribu Kartu Identitas Anak (KIA). Hal ini, diungkapkan Kepala Disdukcapil Kutim Januar Harlian Putra Lembang Alam, Selasa (15/10/2019).

Januar menerangkan, di Kutim ada kurang lebih 64 ribu anak, yang harusnya punya KIA. Tiap tahun, Kementerian, mencetak 2000 KIA, selebih dicetak Disdukcapil Kutim. Hingga saat ini telah tercetak 20 ribu KIA.

Sebagai informasi, syarat permohonan pembuatan KIA yakni, mengisi permohonan KIA (blanko tersedia), foto kopi akta kelahiran anak, foto kopi KK orang tua, foto kopi KTP el atau SUKET orang tua.

Kemudian, bagi anak usia 0 sampai kurang dari 5 tahun, KIA tanpa foto dan anak usia 5 sampai dengan kurang 17 tahun dengan pas foto ukuran 3×4 cm, dengan latar warna biru (tahun kelahiran genap) dan warna merah (tahun kelahiran ganjil). Berikut, map warna hijau tua, apabila persyaratan sudah lengkap, dapat langsung diserahkan ke kantor Disdukcapil Kutim. (hms15)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here