Beranda Umum & Ekonomi Kantor Baru KSP Credit Union Daya Lestari TP Sangatta Diresmikan

Kantor Baru KSP Credit Union Daya Lestari TP Sangatta Diresmikan

952 views
0

Mewakili Bupati, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Wenadianto, meresmikan Kantor Baru Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Credit Union (CU) Daya Lestari Tempat Pelayanan (TP) Cabang Sangatta. (Foto: Jani Humas)

SANGATTA – Kantor Baru Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Credit Union (CU) Daya Lestari cabang atau Tempat Pelayanan (TP) Sangatta resmi beroperasi, Jumat (25/10/2019).

Beralamat di Jalan Inpres, Kecamatan Sangatta  Utara, Kutai Timur (Kutim). Kantor cukup megah ini diresmikan Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Wenadianto mewakili Bupati ditandai dengan pengguntingan pita. Disaksikan Ketua Pengurus KSP CU Daya Lestari Kaltimtara Simon Jaang, jajaran pengurus KSP CU Daya Lestari pusat, Kapolsek Sangatta Utara Slamet Riyadi, Kepala Puskesmas Sangatta Utara serta jajaran pengurus dan puluhan anggota KSP CU Daya Lestari TP Sangatta. Acara tersebut juga dirangkai dengan Baksos pengobatan gratis.

Diketahui, KSP CU Daya Lestari TP Sangatta mulai berdiri pada 31 Maret 2014, yang merupakan cabang ke 26 dari 29 Cabang di Wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Sampai saat ini anggota yang terdata sebanyak 1.456 orang. Keberadaan salah satu koperasi terbesar di Indonesia ini, telah banyak membantu masyarakat dalam kesulitan pendanaan usaha. Bertujuan untuk pemberdayan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Wenadianto, mengapresiaisi kegiatan KSP CU Daya Lestari TP Sangatta dalam kurun waktu 4 tahun telah menunjukan perkembangan pesat, hal ini dibuktikan dengan berdirinya kantor baru hasil swadaya para anggota yang dinilai sudah sangat baik. Dirinya berharap, KSP CU Daya Lestari TP Sangatta dapat lebih berkembang lagi, sehingga tidak kalah dengan KSP CU Daya Lestari lainnya.

“Pangsa pasar di Sangatta itu luar biasa sekali, apalagi 50 persen penduduk Kutim itu berada di Sangatta Utara dan Selatan. Hampir separuh dari penduduk Kutim itu adalah berada di sini. Ini merupakan pasar yang sangat potensial dengan kegiatan-kegiatan yang bernaung dibawah koperasi,” ungkapnya.

Menurut Wenadianto, melalui KSP CU Daya Lestari bagi kalangan masyarakat menengah kebawah tak perlu lagi mencari permodalan di bank-bank besar, cukup lewat koperasi ini anggota dapat dibantu pendanaannya sesuai jenis usaha.

“Masyarakat dibina untuk melakukan kegiatan usaha atau entrepreneur agar mempunyai jiwa kewirausahaan. Terutama ibu-ibu dirumah, silahkan punya usaha mulai dari sekarang walau hanya kecil-kecilan. Para anggota juga di didik untuk menabung,” terang Wenadianto yang juga sebagai anggota KSP CU Daya Lestari TP Sangatta.

Sementara itu, Ketua Pengurus Pusat KSP CU Daya Lestari Kaltim-Kaltara Simon Jaang mengatakan, hadirnya KSP CU Daya Lestari PT Sangatta di tengah-tengah masyarakat diharapkan dapat memberikan pelayanan yang lebih optimal dan mensejahterakan anggotanya.

“Kita berharap, pelayanan dapat semakin baik, anggota lebih bersemangat dan profesional. Aset-aset kita harus dijaga bersama. Kemudian yang paling terpenting adalah seluruh anggota merasa puas dengan pelayanan kita. Dengan hadirnya kantor baru ini, kegiatan perkoperasian CU dapat lebih eksis dan serius untuk mensejahterakan anggota dan warga setempat serta manjadi daya tarik kepada warga yang belum menjadi anggota,” tutur Simon.

Simon mengungkapkan, sebagai salah satu bagian dari masyarakat pihaknya membuka diri untuk dibina oleh pemerintah daerah setempat. Menurutnya hal ini merupakan tugas pemerintah untuk memberikan pembinaan, khususnya dari dinas terkait seperti Dinas Koperasi dan UMKM serta Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa. (hms10)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here