Beranda Keagamaan FKUB Tiga Kecamatan Dilantik Sekaligus – Seskab: Jangan Pasif Jaga Kerukunan

FKUB Tiga Kecamatan Dilantik Sekaligus – Seskab: Jangan Pasif Jaga Kerukunan

71 views
0

HARUS AKTIF: Seskab Irawansyah melantik kepengurusan FKUB di tiga kecamatan sekaligus yaitu Sangkulirang, Kaliorang, dan Kaubun. (Foto: Ist)

SANGATTA-Sekretaris Kabupaten (Seskab) Kutai Timur (Kutim) Irawansyah didaulat melantik jajaran kepengurusan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di tiga kecamatan yaitu Sangkulirang, Kaliorang, dan Kaubun secara bersamaan di Balai Pertemuan Umum (BPU) Jalan Sangkulirang Desa Benua Baru Ilir Kecamatan Sangkulirang, Selasa (29/10/2019).

Dalam arahannya, Irawansyah meminta agar FKUB di Sangkulirang, Kaliorang, maupun Kaubun bisa berperan aktif dalam menjaga kerukunan umat beragama, dan jangan sampai mengancam keselamatan orang lain dan merusak antar umat beragama serta melawan hukum.

“Jangan pasif dalam menjaga kerukunan. Tantangan kedepan kita tidaklah sederhana masalah kerukunan umat beragama merupakan tantangan bagi kita, FKUB sangatlah strategis dalam menjaga berlangsungnya kehidupan berbangsa dan bernegara,” paparnya.

Irawansyah menambahkan FKUB dibentuk guna mengatur lalu lintas para pemeluk agama untuk tidak saling mencampuri ataupun menilai.

“Kerukunan menjadi suatu hal yang spesifik, sangat dipengaruhi oleh pola pikir kita dalam memandang sesuatu. Oleh karena itu saya mengharapkan agar dalam forum ini para pengurus dapat melihat suatu persoalan secara jernih. Saya tidak ingin FKUB jangan hanya berfungsi seperti pemadam kebakaran apabila ada masalah sosial. Saya berharap FKUB bisa menjadi petani penabur benih kebajikan, menyebarkan kebaikan dalam masyarakat”, tegasnya.

Sementara itu, Ketua FKUB Sangkulirang terpilih yaitu Armiansyah menuturkan siap bekerja menjalankan FKUB kecamatan. Menurutnya untuk  memulai kinerja dia akan merangkul seluruh pengurus harian FKUB kedepan terus menjalin komunikasi atau dialog yang efektif guna menampung dan menyalurkan aspirasi.

“Kita akan bekerja sama satu sama lain memanfaatkan forum dialog dalam kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, apabila ada suatu masalah yang perlu dipecahkan, gagasan yang perlu disampaikan disinilah tempatnya,” tandasnya.

Untuk FKUB Kaliorang terpilih sebagai ketua yaitu Khoirul Anam, sementara untuk FKUB Kaubun adalah Asmuran. Kegiatan ini turut dihadiri

Kepala Kemenag Ambotang, Kepala Kesbangpol Kutim Abdul Kader, Ketua FKUB Kutim Hafid Yusuf, Danramil 0909-02 Sangkulirang Kapten Cba Heru Eko Susanto, Polsek Sangkulirang Iptu Firman, Syahbandar Sangkulirang Supiansyah, Camat Sangkulirang Tajudin, dan undangan lainnya. Pasca pelantikan, kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi dan pembekalan bagi pengurus FKUB kecamatan tentang Peraturan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri No 08, No 09 Tahun 2006 tentang pedoman pemeliharaan kerukunan umat beragama, dan pemberdayaan FKUB.(hms13)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here