Beranda Uncategorized Pentas Seni Budaya Lima Puak, Meriahkan HUT KMB

Pentas Seni Budaya Lima Puak, Meriahkan HUT KMB

82 views
0

Semua panitia pelaksanaan HUT KMB saat menari di Gedung ABK di Jl. APT Pranoto, Sangatta Utara (Foto: Wak Hedir Humas)

SANGATTA – Pentas seni budaya batak meriahkan Hari Ulang tahun (HUT) ke-1 Kerukunan Masyarakat Batak (KMB). Tarian dari lima puak, yakni, puak Toba, puak Karo, puak Simalungun, puak Pakpak dan puak Mandailing menghiasi peringatan HUT KMB yang dihelat di Gedung Adat Besar Kutai (ABK) di Jl. APT Pranoto, Sabtu (2/11/2019).

Ketua Panitia Parulian mengatakan dalam pelaksanaanya pentas budaya seni pihaknya senantiasa berkolaborasi dengan semua paguyuban – paguyuban yang ada di Kutim. KMB juga berada dibawah naungan ABK.

Dalam itu, Parulian menambahkan, acara yang dilaksanakan mulai jam 14.00 – 19.00 menjamu semua keluarga ayau suku batak yang ada Kutim. Kemudian jam 20.00 acara umum yang dihadiri, Pemerintah, DPRD, tokoh – tokoh masyarakat, paguyuban – paguyuban yang ada di Kutim.

“Selain tari-tarian, HUT KMB juga dimeriahkan Loyal Trio dan Saridos Trio (artis ibu kota Sangatta) yang selama ini dipupuk KMB,” ungkap Parulian.

Sementara itu, Ketua KMB Kutim Apollo Tobing mengatakan selama setahun ini, KMB benar – benar komitmen melakukan program – programnya. Diantaranya, kegiatan sosial seperti, donor darah, sosialisasi bahaya narkoba dan pentas seni untuk melestarikan buadaya batak yang ada di Kutim.

Dia berharap melalui kegiatan itu, masyarakat batak yang ada di Kutim khususnya, ikut berperan untuk menyatukan semua lima puak yang ada. Sehingga, saling menghargai dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan – kegiatan, baik di pemerintahan maupun paguyuban yang ada di Kutim.

“Dengan adanya berbagai budaya yang di Kutim, diharapkan  bisa menjadi pariwisata dengan kebudayaan – kebudayaan yang ada,” ungkapnya. (hms15)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here