Beranda Infrastruktur Folder Sangatta Jadi Ikon Smart City Kutim

Folder Sangatta Jadi Ikon Smart City Kutim

200 views
0

Wakil Bupati Kutim saat meresmikan Folder Sangatta sebagai Ikon Smarcity (Foto: Wak Hedir Humas)

SANGATTA – Wakil Bupati Kutim H Kasmidi Bulang melakukan launching dan peresmian fasilitas internet gratis (Free wifi), di Folder Sangatta di Jalan Ilham Maulana, Jumat, (15/11/19) Pukul 09.00 wita, pagi. Kegiatan tersebut diawali dengan uji coba internet gratis oleh masyarakat, dengan menjawab quiz yang diberikan panitia melalui aplikasi kahoot. Lima orang pemenag quiz itu mendapatkan hadiah berupa handphone.

Wabup mengatakan Folder Sangatta resmi menjadi ikon smartcity di Kutim. Seperti diketahui, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kominfo, telah mencanang 100 Kabupaten/Kota di Indonesia menuju smartcity. Untuk mencapai 100 Kabupaten/Kota, ada 100 yang terpilih, Kutim termasuk gelombang pertama. Kemudian, di Kaltim yang sudah mengikuti program tersebut diantaranya, Sangatta, Bontang, Samarinda dan Balikpapan.

“Ini kebangga bagi Kabupaten Kutim, karena malalui smartcity ini kita disejajarkan dengan kota Solo dan Jogja yang lebih dulu smartcity. Kita (Kutim) tinggal membenahi dan berlari mengejar kemajuan daerah lainnya,” ungkap Kasmidi.

Dia menambahkan bahwa Folder, bisa dimanfaatkan masyarakat sebagai area edukasi, pariwisata, olahraga dan kuliner serta dapat mengakses internet secara gratis.

Disamping itu, di Folder, sambung Kasmidi, para pedagang dapat memanfaatkan pujasera yang disiapkan, sehingga tidak ada lagi tenda-tenda yang berada diluar dari area yang telah ditetapkan.

“Masyarakat yang ingin berjualan dapat memanfaatkan, tidak ada pungut biaya, fasilitas sepenuhnya di sediakan Pemkab Kutim. Namun tetap harus membayar listrik dan air. Diharapkan tidak ada pedagang yang bermalam ditempat ini, agar tidak ada jemuran-jemuran yang merusak pemandangan,” tandasnya.

Lebih jauh, Kasmidi menambahkan kedepan juga akan ada alat berat tambang milik KPC yang akan dipajang di Folder. Terkait dengan hal itu, dirinya mengakui telah melakukan koordinas dengan manajemen KPC, agar proses peletakan ikon tambang (Alat berat) dapat segera terlaksana.

“Ini akan menjadi satu-satunya ikon alat berat (tambang) yang besar di Indonesia, dengan ikon alat berat terbesar ditempatkan dipusat kota,” sebutnya.

Selain lauching internet gratis Wabup juga meresmikan penggunaan sirkuit Gocard, serta tempat bermain anak. Kemudian di sore harinya, dilanjutkan dengan peresmian pujasera yang dipakai oleh pedagang kuliner di Sangatta. (hms15)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here