Beranda Pendidikan Gerakan Pramuka Candradimuka Pemimpin Baru – YPPSB Gelar Prima Bara Camp 2019

Gerakan Pramuka Candradimuka Pemimpin Baru – YPPSB Gelar Prima Bara Camp 2019

212 views
0

Staf Ahli Bupati Bidang Politik, Hukum dan HAM, Syahrir Foto bersama saat kegiatan Prima Bara Camp 2019 di lapangan Swarga Bara Sangatta, Kamis (21/11/2019).(Foto: Alvian Humas)

SANGATTA – Gerakan Pramuka adalah wadah yang sangat bermanfaat bagi pembentukan karakter generasi muda di masa depan, karena di dalam Gerakan Pramuka banyak materi yang diajarkan diantaranya, rasa tanggung- jawab, kerjasama, kemandirian, ketangkasan, solidaritas, kepemimpinan, demokrasi, patroitisme dan nasionalisme. Hal itu disampaikan staf Ahli Bupati Bidang Politik, Hukum dan HAM, Syahrir saat membuka Prima Bara Camp 2019 di lapangan Swarga Bara Sangatta, Kamis (21/11/2019).

Syahrir berharap akan lahir pemimpin – pemimpin baru dari gerakan pramuka di Kutai Timur yang menjadi kebanggan di masa mendatang seperti mantan Bupati Kutim Awang Faroek, Mahyudin dan Isran Noor, yang kini menjadi tokoh nasional, demikian pula Bupati Ismunandar dan Wakil Bupati Kasmidi Bulang yang kini menjadi pemimpin Kutim. Mereka semua pernah aktif dikegiatan kepramukaan. Kegiatan ini adalah salah satu bentuk kontribusi positif bagi peningkatan kualitas SDM.

“Anggota pramuka harus menjadi garda terdepan untuk memberikan teladan dalam sikap saling menghargai dan mengormati sesama dan menjunjung tinggi Dasadarma,” ujar Syahrir.

Syahrir juga mengingatkan kepada seluruh peserta Prima Bara Camp 2019 ini untuk mengikuti seluruh kegiatan dengan baik dari kakak Pembina dan menjunjung tinggi sportivitas dalam berlomba dan tetap jaga kesehatan dengan baik.

Sementara itu Kepala SMP YPPSB Sangatta Baru, Deden Lukman menjelaskan bahwa kegiatan Prima Bara Camp ini diikuti oleh 8 perwakilan SMP sederajat di Kecamatan Sangatta Utara. Masing- masing sekolah mengirimkan 8 putra dan 8 putri. Tujuan utamanya mengembangkan potensi kepramukaan anak didik yang ada serta melestarikan permainan tradisional.

“Dalam kegiatan ini ada beberapa lomba yang dipertandingkan diantaranya permainan tradisional seperti engrang, bakiak dan lain sebagainya. Harapannya bisa memotivasi anak didik lebih disiplin, mandiri, kemudian mampu berprestasi banyak ditingkat yang lebih tinggi. Ini adalah agenda tahunan yang dilaksanakan YPPSB sebagai bentuk kontribusi positif bagi pembangunan SDM di Kutim,”ujar Deden Lukman.(hms4)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here