Beranda Kutai Timur Diguyur Hujan Deras – Upacara HGN, Korpri dan Siaga Bencana Jalan Terus...

Diguyur Hujan Deras – Upacara HGN, Korpri dan Siaga Bencana Jalan Terus !

77 views
0

Suasana Upacara HGN, Korpri dan Siaga Bencana.(foto: Dok Humas)

SANGATTA – Hujan lebat yang mengguyur Kota Sangatta sejak dini hari, ternyata tidak menyurutkan semangat para guru dan peserta upacara Satpol PP, TNI/POLRI, Korp Pegawai Republik Indonesia (Korpri) serta satuan tugas siaga bencana kebakaran hutan dan lahan untuk mengikuti Upacara Hari Guru Nasional (HGN) HUT Ke-48 Korpri dan Gelar Pasukan Siaga Bencana Karhutla, yang digelar di Halaman Kantor Bupati, Selasa (26/11/2019).

Bupati H Ismunandar bertindak sebagai inspertur upacara dalam arahannya mengatakan, peringatan HGN 2019 dapat dijadikan renungan, betapa mulia dan sulitnya tugas sebagai seorang guru. Mengingat guru dihadapkan pada sebuah tugas, dimana guru dituntut dapat membentuk masa depan generasi bangsa, utamanya dalam menghadapi tantangan dunia nyata.

“Kemampuan berkarya dan berkolaborasi seorang guru akan menetukan kesuksesan anak,” ucap Ismu yang turut mengenakan seragam Korpri ini.

Ismu menuturkan, perubahan tidak dapat dimulai dari atas, tetapi semuanya berawal dan berakhir dari guru. oleh karena itu, sebagai pendidik diharapkan tidak bergantung pada perintah dan aba- aba, namun harus mengambil langkah yang cepat yaitu semangat dan inovasi yang baru, untuk memajukan pendidikan di Indonesia khususnya di Kutim.

“Di jaman yang semakin modern, seorang guru juga dituntut agar tidak hanya memberikan pelajaran semata, tetapi bagaimana mengajak seorang siswa dapat berinteraksi langsung, salah satunya adalah diskusi,” ujarnya.

Sedangkan, arahan Bupati dalam peringatan HUT Korpri ke-48, orang nomor satu di Pemkab Kutim ini menekankan, Korpri sebagai wadah aparatur sipil negara (ASN) harus berbenah diri, peringatan HUT Korpri ke-48 saat ini mengambil tema “Korpri Berkarya Melayani dan Menyatukan Bangsa” dengan harapan anggota Korpri tetap bersemangat dalam bekerja melayani kepentingan publik dan mewujudkan fungsinya sebagai perekat persatuan bangsa.

“Saya minta kepada semua ASN ditempat tugasnya untuk tidak terjebak dalam ego sektoral, tidak terjebak dalam ego organisasi dan tidak terjebak dalam ego program masing-masing. Korpri harus selalu siap bertransformasi menjadi bagian integral dari Pemerintah yang berperan menjaga kode etik dan standar profesi untuk mewujudkan tujuan Korp sebagai sebagai pemersatu bangsa memberikan perlindungan hukum serta mengembangkan kesejahteraan anggota Krop Korpri,” harapnya .

Lebih jauh dikatakan, revolusi industri 4.0 telah membawa perubahan lanskap sosial, lanskap politik dan lanskap budaya diseluruh dunia. Oleh karena itu, dengan kolaborasi serta pemanfaatan iptek, saya yakin ASN bisa mengaktualisasikan baktinya kepada masyarakat, bangsa dan negara.

Kegiatan yang juga dirangkai dengan Gelar pasukan Karhutla sebagai bantuk kesiapan siaga ini, Ismu mengatakan penanganan Karhutlah bisa sewaktu-waktu terjadi dan tidak tahu kapan waktunya. Untuk itu, dia meminta gelar pasukan yang tergabung dalam satuan satgas siap untuk melakukan pemadaman.

“Saya minta kepada seluruh petugas, baik itu TNI, POLRI, Damkar, BPBD, Manggala Akni, UPTD Kehutanan, Masyarakat Peduli Api, Kelompok Tani Peduli Api, Tim Perusahaan maupun relawan agar tetap siaga dan memastikan personil dan peralatan sudah siap sedia setiap saat,” tandasnya. (hms15)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here