Beranda Keagamaan Kafilah dari 18 Kecamatan Punya Kans Sama Merebut Juara

Kafilah dari 18 Kecamatan Punya Kans Sama Merebut Juara

135 views
0

SELAMAT BERLOMBA: Ketua Panpel MTQ XV Suko Buono saat memberikan sambutan dalam pembukaan MTQ XV. (Foto: Irfan Humas)

SANGATTA-Piala bergilir juara umum MTQ XIV Tahun 2018 di Kecamatan Karangan yang diraih Kafilah-kafilah Sangkulirang kini sudah dikembalikan ke pihak panpel LPTQ dan kini piala tersebut diperebutkan oleh peserta dari 18 Kecamatan di Kutai Timur (Kutim) dalam ajang MTQ XV 2019 yang dipusatkan di area pelataran Masjid Agung Al Faruq Bukit Pelangi, Jumat (13/12/2019). Piala diserahkan langsung secara simbolis oleh Bupati Ismunandar ke Ketua LPTQ Kutim Irawansyah.

Ketua Panpel MTQ XV Suko Buono mengatakan sejak tahun lalu Sangkulirang menjadi yang terbaik menempati posisi pertama dalam MTQ XIV 2018 di Karangan, giliran di Tahun 2019 ini seluruh 18 kecamatan kembali punya kans yang sama untuk merebut juara umum MTQ XV 2019.

“Apa melahirkan juara baru dari kecamatan lain atau Sangkulirang kembali bisa saja mempertahankan juara. Intinya seluruh kecamatan seperti Sangatta Selatan, Sangatta Utara, Bengalon, Kaubun, Telen, Batu Ampar, Karangan, Teluk Pandan, Busang, Sandaran, Kaliorang, Long Mesangat, Muara Ancalong, Muara Bengkal, Muara Wahau, Rantau Pulung, dan Kongbeng punya peluang besar merebut posisi terbaik,” jelasnya.

Suko menambahkan dalam ajang MTQ XV ini mempertandingkan 7 nomor lomba seperti Tilawah kategori dewasa, Qira’at kategori dewasa dan remaja serta cabang Tilawah Canet. Ketiga cabang lomba tersebut digelar di pusat kegiatan utama di kawasan Islamic Center, Masjid Agung Al Faruq atau Area Ka’bah, Bukit Pelangi, Sangatta Utara, dimulai 14 sampai 17 Desember. 

Selanjutnya cabang lomba lainnya akan dilaksanakan selama tiga hari sejak 14 sampai 16 Desember mulai dari Tartil Qur’an dan Tilawah anak-anak dan remaja di Gedung Wanita, Bukit Pelangi. Disusul cabang Tahfidh dan Tafsir Qur’an di Aula Masjid At Tabiin. Kemudian cabang Syarhil Qur’an di Ruang Meranti Setkab Kutim. Selain itu ada juga cabang Fahmil Qur’an di Aula SMAN 1 Sangatta Utara. Berikutnya, cabang Khatil Qur’an di MTS Nurul Hikmah Jalan Hidayatullah Gg Hikmah dan terakhir, cabang Musabaqah Makalah Quran (MMQ) di SDN002 Sangatta Utara.

“Lewat 7 nomor di MTQ XV, seluruh kafilah-kafilah bisa memberikan penampilan maksimal dan kemampuannya berkembang karena yang terbaik akan mewakili Kutim di ajang MTQ Provinsi 2020 di Bontang. MTQ pada hakikatnya adalah untuk mensyiarkan Alquran disamping mencari yang terbaik untuk mewakili MTQ pada tingkat selanjutnya. Dengan syiar itu pula dituntut bahwa seseorang itu tidak hanya pintar membaca dan menulis, tapi jauh lebih penting adalah memahami isi kandungan Alquran itu sendiri,” tutup pria yang menjabat sebagai Asisten Pemkesra Setkab Kutim tersebut. (hms13)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here