Beranda Keagamaan MTQ XV Kutim di “Kota Tercinta” Resmi Dibuka

MTQ XV Kutim di “Kota Tercinta” Resmi Dibuka

58 views
0

Saat Bupati Ismunandar bersama Wakil Bupati Kasmidi Bulang, Seskab Kutim Irawansyah, Ketua DPRD Encek UR Firgasih, Wakil Ketua DPRD Asti Mazar, Kapolres Kutim, Kepala Kemenag Kutim menekanan tombol sirene ditandai pembukaan MTQ ke-15 di Sangatta.(Foto: Irfan Humas)

SANGATTA – Bupati Kutai Timur (Kutim) Ismunandar membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-15 tingkat Tingkat Kabupaten Kutim yang berlangsung di Kota Tercinta “Sangatta”, Jum’at (13/12/2019) malam. Kegiatan tersebut digelar di area Masjid Agung Al-Faruq, Komplek Perkantoran Bukit Pelangi Sangatta.

Pembukaan MTQ ke-15 ini ditandai dengan penekanan tombol sirene oleh Bupati, didampingi Wakil Bupati Kasmidi Bulang, Ketua DPRD Encek UR Firgasih dan jajarannya, Seskab H Irawansyah dan jajaran ASN Pemkab Kutim, unsur Forkopimda, Kepala Kantor Kementerian Agama Kutim Ambotang. Dan pula disaksikan Perwakilan dari Daerah Kabupaten Wajo Sulawesi, perwakilan stakholder dan seluruh rombongan kafilah dari 18 kecamatan se Kutim yang hadir.

Bupati Kutim Ismunandar mengatakan bahwa pelaksanaan MTQ merupakan komitmen pemerintah daerah bersama masyarakat dalam meningkatkan kualitas masyarakat yang Qur’ani serta meningkatkan Iman dan Taqwa.

“Untuk itu mari kita jadikan MTQ ini sebagai momentum dalam meningkatkan syiar Islam dan mengamalkan nilai-nilai Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Ia berharap bahwa perhelatan akbar MTQ tingkat kabupaten tersebut akan turut mencetak generasi Kutim yang qur’ani. MTQ ini digelar juga mencari bibit unggul untuk nantinya didelegasikan dalam ajang MTQ Nasional tingkat Provinsi. 

“Harapan saya tentu dengan ajang MTQ ini dapat lahir bibit-bibit qori qoriah terbaik asal Kutim yang handal dan mampu bersaing di kancah yang lebih tinggi lagi nantinya,” katanya. 

Sebelumnya, Suko Buono, selaku ketua panita MTQ, menyampaikan MTQ kali ini dibarengi dengan adanya Expo MTQ dari kecamatan-kecamatan yang berpartisipasi dan pedagang kaki lima.

“Sumber pendanaan acara ini melalui hibah dari Bagian Sosial Pemkab Kutim kepada LPTQ Kutim. Kegiatan ini pun sesuai dengan visi misi kabupaten Kutim yang meningkatkan sumber daya manusia yang beriman dan bertaqwa,” ucap Suko yang juga menjabat Asisten Pemkesra Kutim.

Terakhir, ia ucapakan terimakasih kepada yang telah berkontribusi dan memberikan perannya hingga terlaksananya acara ini.

Diketahui, untuk perlombaan MTQ tingkat Kabupaten ini dimulai pada 14 – 16 Desember 2019. Dengan menandingkan 14 cabang yang mempersiapkan kejenjang MTQ provinsi nantinya.(hms7)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here