Beranda Keagamaan MTQ XV Kutim Jadi Wadah Membumikan Alquran

MTQ XV Kutim Jadi Wadah Membumikan Alquran

62 views
0

CINTAI ALQURAN: Kepala Kemanag Kutim dalam momen pembukaan MTQ XV. (Foto: Irfan Humas)

SANGATTA-Perhelatan akbar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XV Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Kutai Timur (Kutim) telah dimulai dan dibuka secara resmi oleh Bupati Ismunandar di pelataran Masjid Agung Bukit Pelangi, Jumat (13/12/2019) malam. Gema MTQ kali ini cukup terasa sampai ke seluruh Ibu Kota Kutim yaitu Sangatta. Tahun ini, Sangatta dipilih untuk melaksanakan event tahunan ini juga telah mempersiapkan diri cukup baik guna mensukseskan kegiatan keagamaan tersebut.

Kepala Kemenag Kutim Ambotang saat memberikan sambutan didepan para peserta kafilah 18 Kecamatan Kutim menegaskan jika MTQ sebagai salah satu event penting yang perlu terus digalakkan, baik di tingkat nasional, provinsi, kabupaten/kota sampai ke pelosok kecamatan.

“Dengan adanya kegiatan ini tentunya akan membangkitkan motivasi bagi masyarakat untuk kembali mencintai Alquran setidaknya melalui bacaan. Fungsi Alquran sebagai petunjuk dan diamalkan serta dihayati sebagai sumber pengetahuan selanjutnya diresapi menjadi pelipur lara ditengah permasalahan,” jelasnya.

Ambotang menambahkan di kegiatan MTQ ini Alquran menjadi roh perilaku umat Islam. Tidak hanya sebatas dibaca tapi dihayati dan diamalkan untuk kebahagiaan dan kesejahteraan duniawi maupun akhirat.

“MTQ sebagai ajang memperkuat ukhuwah islamiyah serta menumbuhkan minat masyarakat untuk kembali membaca dan mengamalkan Alquran dalam kehidupan sehari-hari, mengingat begitu banyak tantangan yang dihadapi masyarakat dewasa ini khususnya para pemuda yang kerap disibukkan dengan berbagai persoalan dunia,” jelasnya.

Selanjutnya Ambotang berharap dalam gelaran MTQ ini sebagai upaya mewujudkan nilai-nilai Alquran di tengah-tengah kehidupan masyarakat, maka semua pihak harus siap memulai dari sekarang agar terbiasa dengan situasi dan kondisi yang ada.

“Membumikan Alquran di tengah masyarakat setidaknya dapat dimulai dengan upaya menanamkan nilai-nilai Alquran dalam kehidupan, maka hendaknya diawali dengan membiasakan diri membaca Alquran,” tutupnya. (hms13)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here