Beranda Kutai Timur Bapenda Kukar Kunjungi Kutim – Jalin Silaturahmi dan Berbagi Informasi

Bapenda Kukar Kunjungi Kutim – Jalin Silaturahmi dan Berbagi Informasi

128 views
0

Suasana pertemuan Bapenda Kutim dan Kukar. (Foto: Wahyu Humas)

SANGATTA – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), menerima kunjung kerja (Kunker) Bapenda Kutai Kartanegara (Kukar), Di Ruang Pertemuan, Kantor BPKAD, Selasa (17/12/2019). Dalam kunjungannya, Rombongan Bapenda Kukar  berjumlah 30 orang dipimpin Sekretaris Bapenda Kukar, Bahari Joko Susilo disambut hangat oleh Kepala Bapenda Kutim Musyaffa dan jajarannya.

Pada Kesempatan itu, Kepala Bapenda Kutim Musyaffa, mengatakan selain menjalin silaturahmi pertemuan ini sebagai bentuk sarana bertukar informasi dalam pengelolaan kekayaan daerah hingga pengelolaan retrebusi dan pajak.

“ Pengelolan dalam penerimaan pajak di Kutim yang dirasa cukup baik dari pihak Kukar. Itu semua berkat peran serta keterlibatan pihak yang bekerja sama dengan Bapenda Kutim. Jika tidak dilakukan itu semua, saya rasa tidak akan bisa seperti ini,” ucap Musyaffa.

Musyaffa menerangkan tentang Bapenda Kutim dihadapan rombongan Bapenda Kukar, perjalanan kegiatan yang menjadi penunjang itu semua, diantaranya menyelenggarakan bayar pajak massal dan gebyar undian pajak, tax gathering di Jakarta, agar memudahkan dalam berkoordinasi. Kemudian bersinergi pada semua pihak terkait sehingga mendapatkan dana bagi hasil yang banyak. Terbarunya, Bapenda Kutim pun sudah menerapkan sistem aplikasi online untuk pembayaran pajak mengikuti era modern saat ini. Tidak terlepas itu Bapenda Kutim pun juga mempunyai kekurang yakni  belum adanya tenaga apresial yang handal.

“ (Untuk Bapenda Kukar) intinya harus saling berkerja sama dengan KP2KP dan Bapenda provinsi Kaltim. InsyAllah 11 jenis pajak dapat berjalan,” jelasnya.

Ia menyarankan sebagai OPD pengelola keuangan, kedepan lebih baik menertibkan PBB , karena jumlah yang sangat besar. Bisa menjadi sumber pendapatan utama mengalahkan pajak lainnya. Dan kerja sama dengan bank diharuskan, karena Bank banyak kontribusi dalam berbagai kegiatan. Terakhir, ditahun depan Bapenda Kutim juga mengagendakan kunjungan balasan ke Bapenda Kukar.

Sementara itu, Sekretaris Bapenda Kukar, Bahari Joko Susilo menyampaikan terkesan dengan salah satu kegiatan yang telah dihelat Bapenda Kutim salah satunya, gerakan bayar pajak yang di informasikan Pemerintah Pusat. Menurutnya, salah satu kegiatan itu belum pernah dilakukan seluruh organisasi perangkat daerah di Indonesia.

“Disitulah kemudian kita ingin mencoba mempelajari apa yang sudah didapat di Kutim. Terutama sekali dengan kegiatan gerakan bayar pajak dan memang seperti yang di informasikan oleh kepala Badan Pendapatan Daerah Kutai Timur ini, dalam gerakan bayar pajak tidak hanya pajak-pajak daerah tetapi kemudian ada pajak-pajak provinsi maupun pajak pusat,” ucapnya.

“Yang paling utama kami terapkan di Kukar nanti kami akan coba memecahkan rekor yang ada di Kutim terkait dengan gerakan bayar pajak, kalau bisa kalau jadi sekitar 500 milyar. Nah kita, harapkan diawal tahun nanti masyarakat sudah ramai membayar pajak. Kita harapkan betul-betul menimbulkan kesadaran masyarakat untuk membayar pajak, baik pajak daerah maupun pajak pusat,” tambahnya

Lanjut, Bahari mengatakan, dengan saling bersilaturahmi, saling berkunjung kemudian saling bertukar informasi. Bahkan dalam pertemuan itu diusulkan untuk dibentuk satu forum pendapatan daerah di Kalimantan Timur. Minimal nantinya pendapatan daerah terutama yang berasal dari pajak daerah retribusi dan pendapatan daerah ini bisa sama-sama saling meningkat dan bisa menyaingi yang ada di Jawa.(hms7)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here