Beranda Keagamaan Sangatta Selatan Tuan Rumah MTQ XVI 2020 – Ismu: Syiar Alquran...

Sangatta Selatan Tuan Rumah MTQ XVI 2020 – Ismu: Syiar Alquran Menggema Sampai ke Pelosok

75 views
0

TERUS BERPRESTASI: Bupati Ismunandar saat menyerahkan piala kepada kafilah di MTQ XV. (Foto: Irfan Humas)

SANGATTA-Sukses menjadi juara umum MTQ XV Tahun 2019 Kecamatan Sangatta Selatan langsung dipilih menjadi tuan rumah MTQ XVI Tahun 2020 setelah diputuskan oleh Bupati Kutai Timur (Kutim) Ismunandar bersama LPTQ Kutim di sela-sela menutup puncak kegiatan MTQ XV di area panggung MTQ XV di pelataran Masjid Agung Al Faruq Bukit Pelangi, Selasa (17/12/2019).

Orang nomor satu di Pemkab Kutim itu turut mengucapkan selamat untuk Sangatta Selatan dibawah kepemimpinan Camat Hasdiah. Untuk waktu pelaksanaanya masih direncanakan oleh Panpel LPTQ Kutim.

“Semoga tahun depan MTQ XVI di Sangatta Selatan lebih sukses. Saya harap dari kegiatan MTQ tahun ini syiar Al-Quran telah sampai di seluruh pelosok kecamatan di Kutim. Hal ini terlihat dengan meratanya raihan juara yang diperoleh masing-masing kecamatan menunjukan syiar Alquran telah merata dengan pembinaan di kecamatan yang sudah berjalan dengan baik,” jelasnya.

Ismu menambahkan dewan hakim dinilai telah bekerja dengan objektif dan jujur. Dari 18 kecamatan yang mengikuti MTQ semua mendapatkan piala artinya penilaian sesuai standar dan mampu menghasilkan kalifah mempunyai skill (kemampuan) dalam mengaji serta membaca Al-Quran cukup merata.

“Setelah ini ada training center (TC) untuk para Kafilah terbaik mengikuti ajang MTQ Provinsi di Bontang mendatang. Kutim akan terus mensupport dalam hal pendanaan guna kemajuan kafilah kita berprestasi lebih tinggi,” tambahnya.

Senada Ketua LPTQ Kutim Irawansyah menjelaskan, musabaqah ini tidak hanya sebagai peneguhan syiar Islam, tetapi lebih jauh diharapkan menjadi barometer mengukur hasil SDM kafilah.

“Syiar agama dapat memacu pembangunan spiritual sehingga mewarnai akhlakul karimah masyarakat Kutim. Jika kecamatan mampu menyelenggarakan pembelajaran Al-quran di lingkungan masing-masing berarti daerah dapat mengkader qori atau qoriah yang prestasi secara mandiri . Nah, saya juga berpesan persiapkan mental dan terus berlatih untuk kafilah-kafilah Kutim bersiap berkompeti si dalam MTQ provinsi di Bontang,” jelasnya.

Irawansyah menambahkan LPTQ Kutim akan meningkatkan terutama dalam uang pembinaan untuk LPTQ Kecamatan. Tidak hanya itu untuk kerja keras dewan hakim LPTQ juga diperhatikan. Selanjutnya ada reward istimewa jika kafilah berhasil keluar sebagai juara di MTQ tingkat provinsi di Bontang mendatang.

“Tahun depan rencananya anggaran pembinaan kita akan tambah guna kafilah-kafilah kecamatan lebih bersemangat dalam mencapai prestasi,” tutupnya. (hms13)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here