Beranda Infrastruktur Pemkab Normalisasi Sejumlah Drainase – Cegah Banjir Dimusim Penghujan

Pemkab Normalisasi Sejumlah Drainase – Cegah Banjir Dimusim Penghujan

151 views
0

Saat Dinas Pekerjaan Umum (DPU) melakukan serangkaian tindakan antisipasi, agar tidak terjadi banjir seperti yang melanda beberapa kota di Indonesia.(Fuji Kompi)

SANGATTA – Seperti diketahui, musim hujan sudah dimulai pada November 2019 secara bertahap. Kemudian pada 2020, curah hujan semakin meningkat menjadi lebih tinggi pada Januari. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksikan curah hujan akan mencapai puncaknya pada Februari dan Maret. 

Secara bertahap mulai tinggi Januari sampai Maret, terutama di bagian selatan pulau Sumatera, pulau Jawa hingga Nusa Tenggara, Kalimantan bagian Tengah, Sulawesi, dan Papua.

Menyikapi siklum iklim tersebut, Pemkab Kutim melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) melakukan serangkaian tindakan antisipasi, agar tidak terjadi banjir seperti yang melanda beberapa kota di Indonesia.

Diantaranya normalisasi drainase, peningkatan kualitas dan fungsi drainase serta beberapa kegiatan lain. Sejak akhir 2019 hingga awal 2020 ini, terlihat DPU mengerahkan sejumlah unit alat berat untuk melakukan pengerukan drainase.

“Alhamdulillah berkat perhatian Pemkab yang melancarkan fungsi drainase, siklus pembuangan air dilingkungan masyarakat semakin baik,” kata Zainal, salah seorang warga Jalan Assadiah, Sangatta Utara, Rabu, (8/1/2020).

Saat ini sistem drainase di jalan tersebut terus ditingkatkan agar lebih baik dari sebelumnya. Selain di Jalan Assadiyah, kegiatan normalisasi sistem drainase dengan cara pengerukan juga dilakukan disekitar Jalan Abdul Wahab Syahranie menuju Pusat Perkantoran Pemkab Kutim, Bukit Pelangi.

Melalui normalisasi dan peningkatan sistem drainase ini, diharapkan Sangatta sebagai Ibukota Kabupaten Kutim tak lagi diserang banjir, seperti yang pernah terjadi beberapa kali sebelumnya. Selain itu, Bupati Kutim H Ismunandar melalui instansi teknis, camat hingga RT juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk terus menjaga lingkungan. Dengan cara tidak membuang sampah sembarangan, menjaga drainase disekitar tempat tinggal agar tetap normal. Serta mewaspadai musim penghujan dengan memperhatikan daerah resapan air. Sehingga bisa menghindari bahaya banjir. (hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here