Beranda Kutai Timur Bupati Pinrang Takjub Dengan Keindahan Masjid Agung Al Faruq

Bupati Pinrang Takjub Dengan Keindahan Masjid Agung Al Faruq

329 views
0

Bupati Pinrang H Andi Irwan Hamid ditemani Bupati Kutim H Ismunandar melihat pemandangan dari menara Masjid Agung Al Faruq setinggi 99 meter. (Foto Jani Kompi)

SANGATTA – Usai melakukan kunjungan dengan jajaran Pemkab Kutim, Bupati Pinrang H Andi Irwan Hamid dan rombongan diajak mengunjungi Masjid Agung Al Faruq yang merupakan salah satu ikon Kutai Timur.

Ditemani Bupati Kutim H Ismunandar dan Wakil Bupati H Kasmidi Bulang, rombongan diajak mengelilingi setiap sudut masjid dan melihat bangunan replika ka’bah yang menyerupai bentuk aslinya digunakan sebagai fasilitas bagi para calon jamaah haji melakukan manasik.

Bahkan, usai melaksanakan sholat dzuhur berjamaah, rombongan diajak mengunjungi menara masjid setinggi 99 meter yang memilki 17 lantai. Bupati Pinrang dan rombongan mengaku takjub melihat indahnya pemandangan sebagian Kota Sangatta, kawasan perkantoran Pemkab Kutim Bukit Pelangi, hingga pelabuhan terminal batubara milik PT KPC yang terlihat jelas dari atas menara.

“Masjid Agung ini sangat luar biasa sekali viewnya sangat bagus. Sambil melaksanakan ibadah tentu dapat menikmati pemandangan yang ada disini. Sempat saya sampaikan ke pak bupati kalau masyarakat tidak beribadah kesini saya bingung melihatnya,” ucap Irwan Hamid.

Melihat konsep bangunan Masjid yang megah serta memiliki arsitektur unik, Irwan Hamid mengaku akan mencontoh konsep bangunan Masjid untuk diterapkan di kabupaten yang ia pimpin saat ini.

Masjid kebanggaan warga Kutim ini dibangun dengan arsitektur Timur Tengah modern memiliki memiliki 1 menara di gerbang utama, dan 4 menara di bangunan masjid, dapat menampung sekitar lima ribu jamaah. Bangunan besar dengan dominasi warna hijau juga memiliki lorong-lorong penghubung antar tempat. Selain itu, dalam ruang utama dekat mimbar khotib, rangkaian kaligrafi tulisan Arab tersusun rapi membentuk lengkungan. (hms10)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here