Beranda Pemerintahan Sukseskan SP 2020, BPS Kutim Bakal Rekrut 500 Petugas Lapangan

Sukseskan SP 2020, BPS Kutim Bakal Rekrut 500 Petugas Lapangan

107 views
0

Kepala BPS Kutim Akhmad Junaidi, saat memaparkan rencana pelaksanaan SP 2020 di Kabupaten Kutim, dihadapan PNS dan TK2D Lingkup Sekretariat Pemkab Kutim (Foto : Wak Hedir)

SANGATTA – Sukses tidaknya pelaksanaan Sensus Penduduk (SP) 2020 salah satunya ditentukan oleh petugas lapangan. Pasalnya melalui merekalah data diambil untuk kemudian diolah. Sehubungan hal itu, demi suksesnya program ini, Badan Pusat statistik (BPS) Kutai Timur (Kutim) bakal merekrut kurang lebih 500 orang. Yakni petugas lapangan yang akan tersebar di 18 Kecamatan di wilayah Kutim. Namun sebelum turun bertugas, mereka akan diberikan pelatihan terlebih dahulu. Sebelum pelaksanaan SP sekitar bulan Mei nanti.

Kepala BPS Kutim Akhmad Junaidi menjelaskan, perekrutan petugas terbuka dari kalangan umum. Namun, diprioritaskan yang berada di wilayah kecamatan dan desa masing- masing, untuk memudahkan pelaksanaan SP.

“Dengan persyaratan memiliki pendidikan minimal tingkat SLTA, mampu memahami syarat dan kriteria yang dibutuhkan dalam tata cara pengisian data. Sehingga mereka perlu mendapatkan pelatihan sebelumnya,” ucap Akhmad Junaidi, Selasa (14/1/2020).

Lebih lanjut Dia menerangkan, SP 2020 akan dilaksanakan melalui dua metode. Pertama secara online, yakni melalui perangkat elektronik dengan mengunjungi website sensus bps.go.id. Dimulai 15 Februari – 31 Maret 2020. Kedua pencatatan secara “door to door” melalui wawancara bagi penduduk yang belum melakukan SP online pada 1 – 31 Juli 2020. Hal ini dilakukan sebagai verifikasi pencocokan data, agar tidak ada data selisih. (hms15)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here