Beranda Kutai Timur Ismu Kukuhkan FKDM Kutim – Cegah Dini Potensi Ancaman dan Gangguan

Ismu Kukuhkan FKDM Kutim – Cegah Dini Potensi Ancaman dan Gangguan

93 views
0

Bupati Ismunandar melantik Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) masa bakti 2019 – 2022 di Ruang Maranti, Sekretariat Kabupaten. (Foto Jani Prokutim)

SANGATTA– Sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan secara dini ancaman keamanan, gejala atau peristiwa bencana, Kabupaten Kutai Timur kini memiliki Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM). FKDM Kutim dikukuhkan langsung oleh Bupati Kutim H Ismunandar, di Ruang Meranti, Sekretariat Kabupaten, Senin (20/1/2020).

Khoirul Arifin yang terpilih sebagai Ketua FKDM beserta pengurus lainnya akan menjalankan masa bakti 2019 – 2022. Tugas utama FKDM yaitu menjaring, menampung, mengkoordinasikan data dan informasi ancaman keamanan, gejala atau peristiwa bencana. Sebagai bentuk upaya pencegahan dan penanggulangan secara dini. Selain itu mememberikan rekomendasi sebagai bahan pertimbangan bagi bupati mengenai kebijakan yang berkaitan dangan kewaspadaan dini masyarakat.

Bupati Ismunandar berharap, dengan terbentuknya FKDM, Kutim senantiasa menjadi wilayah yang kondusif. Karena adanya upaya-upaya penanggulangan dari segala bentuk ancaman maupun gangguan sejak dini.

“Saya mengucapkan selamat kepada saudara yang telah dilantik, mudah-mudahan terus meningkatkan kinerjanya. Alhamdulillah laporan (positif) terus masuk terkait perkembangan dini,” ujar Ismu.

Bupati Ismunandar memberikan ucapan selamat kepada para pengurus FKDM yang baru dilantik

Selanjutnya, demi mendorong terciptanya stabilitas keamanan serta mengantisipasi berbagai ancaman maupun gangguan, menurut Ismu perlu selalu adanya peningkatan kewaspadaan sejak dini.

Kepala Kesbangpol Kutim Abdul Kadir juga berharap FKDM mampu memonitoring  Pemilihan Kepala Daerah yang akan bergulir pada September mendatang. Memonitoring aktifitas pemerintah dan masyarakat yang rentan terjadi gesekan dari oknum tak bertanggung jawab.

“Memberikan masukan kepada Pemkab, menampung (informasi) dan berkoordinasi guna menginformasi ancaman keamanan. Sehingga kepala daerah dalam mengambil kebijakan dan keputusan yang tepat,” harap Kadir yang mantan Kabag Ortal Setkab Kutim tersebut.

Ditambahkan Ketua FKDM Choirul Arifin, organisasi ini ditugaskan untuk membantu menyukseskan Pilkada. Mendeteksi gangguan yang berpotensi timbul. Dengan bermitra dengan instansi terkait. Selanjutnya mengkomunikasikan potensi pencegahan dibidang  Polhukam dan kebencanaan.

“Demi Kutim yang aman dan kondusif,” katanya.

Pelantikan FKDM turut disaksikan Sekretaris Kabupaten H Irawansyah beserta para asisten, unsur FKPD Kutim seperti Dandim 0909 Sangatta Letkol CZI Pabate, Kapolres Kutim AKBP Indras Budi Purnomo, Kajari Kutim Setiyowati, serta puluhan Kepala OPD. (hms10

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here