Beranda Infrastruktur 17 Kecamatan Se-Kutim Sudah Tersentuh PDAM – Tersisa Sangkulirang, Progresnya Sedang Berjalan

17 Kecamatan Se-Kutim Sudah Tersentuh PDAM – Tersisa Sangkulirang, Progresnya Sedang Berjalan

133 views
0

Proses galian PDAM Kutim disalah satu wilayah Kecamatan di Kutim (Foto Istimewa)

SANGATTA- Hingga menjelang berakhirnya 2019 lalu, Pemkab Kutim melalui PDAM Tirta Tuah Benua terus memaksimalkan pelayanan air bersih untuk masyarakat. Dibawah intervensi kebijakan Bupati Kutim H Ismunandar setidaknya saat ini sudah 17 kecamatan, atau 42 desa se Kutim mendapat jatah air bersih dari PDAM. Sisanya, air bersih di dukung program Spamdes dan Pamsimas.

“Pelayanan PDAM Tirta Tuah Benua sudah mencakup 17 kecamatan se Kutim. Tepatnya 42 desa sudah dialiri air bersih PDAM,” kata Direktur PDAM Kutim Suparjan.

Rincian desa-desa per kecamatan se Kutim yang sudah dilayani PDAM yaitu di Kecamatan Sangatta Utara mencakup 4 desa, Desa Sangatta Utara, Desa Teluk Lingga, Desa Singa Gembara, serta Desa Swarga Bara. Berikutnya Kecamatan Sangatta Selatan di dua desa, yaitu Desa Sangatta Selatan dan Desa Singa Geweh.  Kecamatan Bengalon, air bersih PDAM mengalir ke 5 desa. Masing-masing Desa Sepaso, Desa Tebangan Lembak, Desa Sepaso Timur, Desa Sepaso Barat dan Desa Sekerat. Untuk Kecamatan Muara Wahau ada di 4 desa, yakni Desa Nehes Liang Bing, Desa Wanasari, Desa Wahau Baru dan Desa Muara Wahau. Di Kecamatan Kongbeng di Desa Miau Baru.

“Di Muara Bengkal, ada 4 desa. Di Desa Muara Bengkal Ulu, Desa Muara Bengkal Ilir, Desa Benua Baru dan Desa Ngayau,” sebut Parjan, sapaan akrab Suparjan.

Kecamatan Muara Ancalong juga tak luput dari pelayanan PDAM Kutim. Sebanyak 3 desa sudah merasakan aliran air “perusahaan plat merah” tersebut. Masing-masing Desa Kelinjau Ilir, Desa Kelinjau Ulu dan Desa Senyiur. Sementara daerah “pintu masuk” Kutim yaitu di Kecamatan Teluk Pandan cakupan pelayanan di Desa Teluk Pandan. Selanjutnya di Kecamatan Batu Ampar, pelayanan untuk 2 desa yakni Desa Batu Timbau dan Desa Batu Timbau Ulu. Kecamatan Long Mesangat, PDAM hadir di Desa Sumber Sari dan Desa Mukti Utama. Di Kecamatan Karangan juga 2 desa, di Desa Karangan Dalam dan Desa Karangan Ilir. Kecamatan Telen, di Desa Juk Ayak dan Desa Muara Pantun.

“Kecamatan Busang sudah mendapat pelayanan air bersih dari PDAM Kutim. Tepatnya di 3 desa, masing-masing di Desa Long Pejeng, Desa Long Lees serta Desa Long Nyelong,” tambah Parjan.

Kecamatan Kaubun, pelayanan PDAM baru menjangkau Desa Bumi Etam. Kecamatan Rantau Pulung di Desa Mukti Jaya dan Desa Rantau Makmur. Sementara di Kecamatan Kaliorang, PDAM ada di Desa Bukit Makmur, Desa Citra Manunggal Jaya dan Desa Bangun Jaya. Terakhir di Kecamatan Sandaran sudah menjangkau Desa Manubar. 

Sementara untuk pelayanan di Kecamatan Sangkulirang, saat ini sudah memasuki progres pemasangan jaringan di dua desa. Yaitu Desa Benua Baru Ilir dan Benua Baru Ulu. Suparjan berharap, tahun ini cakupan pelayanan PDAM Kutim bisa lengkap di 18 kecamatan. Setelah itu PDAM bisa berkonsentrasi pada peningkatan pelayanan lainnya. (hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here