Beranda Infrastruktur Warga Sangkulirang Segera Nikmati Air Bersih – Jaringan Distribusi Sudah Mulai Ditanam

Warga Sangkulirang Segera Nikmati Air Bersih – Jaringan Distribusi Sudah Mulai Ditanam

217 views
0

Petugas PDAM TTB melakukan pemasangan jaringan air bersih(Ist)

SANGKULIRANG – Sangkulirang adalah satu-satunya kecamatan yang saat ini belum mendapatkan jatah air bersih dari PDAM Tirta Tuah Benua Kutim. Namun demikian, sejak akhir Agustus 2019 lalu, tahapan realisasi pendistribusian air bersih ke Kecamatan Sangkulirang sudah mulai dilaksanakan. Pemkab Kutim melalui Dinas Pekerjaan Umum dan PDAM Tirta Tuah Benua Kutim sudah melakukan pemasangan jaringan di salah satu kecamatan tertua di Kutim tersebut.

“Proses penggalian dan pemasangan pipa diameter 63 mm, 90 mm dan 160 mm mulai dikerjakan dari jembatan Sangkulirang hingga Lapangan Garuda,” kata Kepala Unit Kaliorang, Nawawi mewakili Direktur PDAM Kutim Suparjan, usai melakukan pengecekan dilapangan.

Menurut dia, jaringan yang tengah dikerjakan sepanjang kurang lebih 4 kilometer. Nantinya jaringan yang ditanam ini akan mengalirkan air bersih dari PDAM Kutim kepada masyarakat di dua desa Sangkulirang. Yakni Desa Benua Baru Ulu dan Benua Baru Ilir. Pendistribusian air bersih untuk masyarakat Sangkulirang memang perlu segera dilakukan. Selain untuk melengkapi pelayanan PDAM Kutim di 18 kecamatan, juga dikarenakan kebutuhan air bersih di Sangkulirang dinilai sangat tinggi.

“Dari hasil survei ada ribuan calon pelanggan yang nantinya dapat memanfaatkan air bersih ini,” kata Nawawi.

Diharapkan jika nantinya jaringan sudah bisa beroperasi mendistribusikan air bersih untuk masyarakat Sangkulirang, tentu akan berpengaruh pada kesejahteraan sosial dan ekonomi warga.

Kepala Sub Bagian Teknik Yayan Nuryana, menambahkan kegiatan ini berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kutim 2019. Pengerjaannya dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum.

“Kami melalui PDAM Unit Kaliorang bersama Dinas PU berkolaborasi dan berkoordinasi dalam rangka pengawasan pelaksanaan pekerjaannya,” jelasnya.

Saat ini pihak PDAM Kutim terus melaksanakan tahapan lain agar air bersih bisa benar-benar dialirkan ke Sangkulirang dalam waktu dekat. (*/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here