Beranda Kutai Timur Di 2020, Sudah 4 Kecamatan Gelar Musrenbang Anak

Di 2020, Sudah 4 Kecamatan Gelar Musrenbang Anak

308 views
0

Suasan Musrenbang di Desa Pulung Sari Kecamatan Rantau Pulung. (Ist)

SANGATTA- Hingga berita ini diturunkan, ada 4 kecamatan yang desanya sudah melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Anak. Kecamatan dimaksud yaitu Rantau Pulung, Karangan, Sandaran dan Muara Ancalong. Pemerintah desa sudah melibatkan anak dalam perumusan program pembangunan, khususnya untuk memenuhi hak-hak anak. Berlangsung sejak pertengahan Januari ini.

“Untuk meningkatkan pencapaian Kabupaten Layak Anak (KLA) tentunya aspirasi anak wajib didengar. Caranya tak lain adalah dengan melibatkan anak-anak dan forum anak dalam pelaksanaan Musrenbang tingkat desa dan kecamatan,” kata Camat Sandaran Taher Pekang yang sudah memimpin Musrenbang Anak tingkat desa di Sandaran.

Camat Rantau Pulung Mulyono juga berpendapat serupa. Menurutnya pelibatan anak dalam menyusun skala prioritas program pembangunan yang menyangkut hak anak sangatlah penting. Karena yang paling tahu kebutuhan anak bukan saja orang desawa, tetapi anak sebagai penerima manfaatnya.

“Sehingga anak mendapatkan hak dasarnya, yaitu hak hidup, hak bertumbuh dan berkembang. Hak perlindungan, hak partisipasi dalam pembangunan,” sebut Mulyono.

Mencakup kebutuhan bermain, kesehatan, pendidikan serta hak-hak anak lainnya. (hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here