Beranda Sosial & Kesehatan Cegah Virus Corona Masuk Ke Kutim Kadinkes Sampaikan Beberapa Imbauan

Cegah Virus Corona Masuk Ke Kutim Kadinkes Sampaikan Beberapa Imbauan

185 views
0

Kadinkes Kutim, dr Bahrani. (Dok Pro Kutim)

SANGATTA- Penyebaran virus corona yang tengah menggemparkan seluruh dunia beberapa waktu terakhir, cukup menjadi momok yang menakut bagi masyarakat, tak terkecuali warga Kutim. Sebagai bentuk langkah antisipasi pencegahan sekaligus mengurangi keresahan masyarakat terhadap virus dari Wuhan, Cina tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kutim de Bahrani menyampaikan beberapa imbauan.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencegah orang yang menderita virus Corona masuk ke Kutim, dengan cara deteksi dini pemeriksaan jikalau ada kecurigaan orang tersebut terkena penyakit.

“Sosialisasi, untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap penyakit tersebut,” ucap Bahrani, saat dikonfirmasi awak media, belum lama ini.

Paling penting tentu membiasakan hidup bersih dan sehat. Bagi yang sedang flu, batuk, pilek, dia menyarankan sebaiknya mengenakan masker. Agar tidak menularkan penyakit kepada masyarakat lainnya. Paling baik saat kondisi tubuh tak sehat, memilih istirahat dirumah. Selanjutnya membiasakan mencuci tangan agar tangan dalam kondisi higienis.

Lebih jauh, dikatakan mantan Direktur RSUD Kudungga Sangatta, bahwa Dinkes Kutim saat ini telah melakukan koordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), RSUD serta PT Kaltim Prima Coal (KPC) yang memiliki pelabuhan persinggahan kapal – kapal asing. Mengontrol awak kapal sebagai upaya pencegahan. Selain itu berkoordinasi dengan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait guna memantau jalur Trans Kalimantan yang paling sering dilewati penduduk.

Virus 2019 Novel Coronavirus (2019-nCoV) yang lebih dikenal dengan nama virus Corona adalah jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia. Virus ini pertama kali ditemukan di kota Wuhan, Cina, pada akhir Desember 2019. Virus ini menular dengan cepat dan telah menyebar ke wilayah lain di Cina dan ke beberapa negara.

Coronavirus adalah kumpulan virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan. Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti pneumonia, Middle-East Respiratory Syndrome (MERS), dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

Infeksi virus Corona bisa menyebabkan penderitanya mengalami gejala flu, seperti hidung berair dan meler, sakit kepala, batuk, nyeri tenggorokan dan demam atau gejala penyakit infeksi pernapasan berat. Seperti demam tinggi, batuk berdahak bahkan berdarah, sesak napas, dan nyeri dada. Menurut penelitian, gejala infeksi virus Corona muncul dalam 2 hari sampai 2 minggu setelah paparan virus Corona. Segera ke dokter bila Anda mengalami atau menemukan gejala virus Corona pada orang lain.

Ada dugaan bahwa virus Corona awalnya ditularkan dari hewan ke manusia. Namun, kemudian diketahui bahwa coronavirus juga menular dari manusia ke manusia. Seseorang dapat terinfeksi coronavirus melalui berbagai cara, yaitu, tidak sengaja menghirup percikan ludah dari bersin atau batuk penderita virus Corona. Memegang mulut atau hidung tanpa mencuci tangan terlebih dulu, setelah menyentuh benda yang terkena air liur penderita. Kontak jarak dekat dengan penderita, seperti bersentuhan atau berjabat tangan.

Virus Corona dapat menginfeksi siapa saja, tetapi lebih berisiko menyerang orang tua, serta orang yang sedang sakit atau memiliki kekebalan tubuh lemah. Sampai saat ini, belum ada vaksin untuk mencegah virus Corona. Oleh sebab itu, cara pencegahan yang terbaik adalah dengan menghindari faktor-faktor yang bisa menyebabkan Anda terinfeksi virus ini, yaitu hindari bepergian ke Cina atau ke negara lain yang telah ditemukan adanya penularan virus Corona. Gunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan, terutama bila Anda beraktivitas di tempat umum. Rutin mencuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer yang mengandung alkohol setelah beraktivitas di luar ruangan. Hindari kontak dengan hewan, terutama hewan liar. Bila terjadi kontak dengan hewan, cuci tangan setelahnya. Pastikan Anda memasak daging sampai benar-benar matang sebelum dikonsumsi.

Tutup mulut dan hidung dengan tisu saat batuk atau bersin, kemudian buang tisu ke tempat sampah. Jangan menyentuh mata, mulut, dan hidung sebelum mencuci tangan. Hindari berdekatan dengan seseorang yang sedang sakit. Jaga kebersihan benda yang sering disentuh dan kebersihan lingkungan. (hms15)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini