Seskab Irawansyah diwawancara usai memimpin rapat coffe morning, di Ruang Meranti, Kantor Bupati Kutim, Senin (3/2/2020).(Jani Pro Kutim)

SANGATTA – Mulai Sabtu (8/2/2020) ini, Musrenbang Kecamatan se-Kutim bakal digelar secara bergiliran. Berkaitan hal tersebut, Sekretaris Kabupaten Irawansyah mengingatkan seluruh camat untuk bersiap. Musrenbang Kecamatan yang nantinya bakal dipimpin Bupati H Ismunandar, Wabup H Kasmidi Bulang dan dirinya akan dibagi dalam tiga zona. Yakni zona pesisir, pedalaman dan perkotaan.

“Musrenbang ini merupakan tahapan penyusunan program pembangunan yang disepakati oleh seluruh pihak ditingkat kecamatan, yang sebelumya sudah dimulai dari (tingkat) desa,” sebut Irawansyah.

Musrenbang diawali zona pedalaman sejak 8-12 Februari dipimpin Wabup H Kasmidi Bulang. Meliputi Kecamatan Muara Wahau, Kongbeng, Telen, Long Mesangat, Busang, Muara Ancalong, Muara Bengkal dan Kecamatan Batu Ampar. Zona pesisir dimulai 10-12 Februari, dipimpin Bupati H Ismunandar. Meliputi Kecamatan Kaliorang, Kaubun, Karangan, Sangkulirang dan Sandaran.

“Sedangkan zona perkotaan insyaAllah saya yang memimpin. Meliputi Kecamatan Bengalon, Rantau Pulung, Teluk Pandan, Sangatta Selatan dan Kecamatan Sangatta Utara akan dimulai 10-13 Februari,” ujar Irawan.

Dia menambahkan, musrenbang adalah wadah musyawarah seluruh pemangku kepentingan untuk menyepakati rencana kerja tahunan. Kemudian diusulkan ke Musrenbang kabupaten. Tahap awalnya mulai dari musrenbang desa, kecamatan hingga kabupaten. Daftar usulan tiap desa disampaikan, kemudian dibahas bersama apakah bisa disetujui untuk diteruskan atau ditunda.

“Pemenuhan kebutuhan dasar masih menjadi prioritas dalam musenbang ini. Diantaranya penyediaan air bersih hingga seluruh kecamatan, listrik dan juga infrastruktur. Harapannya musrenbang ini menghasilkan suatu perencanaan yang berkualitas, transparan dan akuntabel yang menjadi dasar pelaksaan pembangunan 2021,” tambah Irawan. (hms4/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here