Bupati Kutim H Ismunandar menerima penghargaan SAKIP Award 2019. (Dok Pro Kutim)

BADUNG – Kerja keras Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) menaikkan predikat hasil evaluasi dan implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Award 2019 berbuah manis. Walaupun ternyata hanya mampu tampil konsisten. Pemkab Kutim berhasil mempertahankan predikat B secara berturuntun dari tahun 2016 hingga 2019.

Penghargaan itu diterima langsung Bupati Kutim H Ismunandar. Diserahkan Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Muhammad Yusuf Ateh, mewakili MenPAN-RB Tjahjo Kumolo, di Hotel Inaya Putri Bali, Nusa Dua Lot S-3, Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Bali, Senin (27/1/2020) lalu.

Bupati Kutim H smunandar yang ditemui seusai acara mengucapkan syukur, karena Kutim kembali mendapatkan predikat B SAKIP Award 2019.

“Alhamdulillah ini menunjukkan kami tetap konsisten dengan efisien dalam penggunaan anggaran-anggaran di daerah. Predikat ini tidak akan membuat kami puas. Untuk itulah kami akan memperbaiki kekurangan dan bakal terus merapatkan barisan jajarannya, untuk meningkatkan penilaian SAKIP 2020,” ucap mantan Seskab Kutim tersebut.

Untuk tahun depan, Kutim seperti dituturkan Ismunandar akan berusaha lebih baik lagi daripada yang diperoleh sekarang. Ismunandar pun optimistis peringkat yang lebih baik lagi bisa tercapai di tahun depan. Dengan catatan, semua OPD memaksimalkan kinerja dan mengimplementasikan kebijakan dengan maksimal

“Yang jelas posisi kita masih dalam kategori posisi yang efisien dalam penggunaan anggaran,” jelas Ismu sapaan akrab Bupati Kutim.

Ismunandar menambahkan bersama seluruh jajarannya akan terus belajar dari daerah-daerah yang telah berhasil mendapatkan peringkat A, sehingga kedepannya menjadi lebih baik lagi.

Perlu diketahui, SAKIP merupakan gambaran pengelolaan dan penggunaan anggaran serta kinerja ASN di suatu OPD. Penilaian SAKIP berdasarkan hal-hal tersebut. Secara umum, penilaian SAKIP dibagi atas AA dalam rentang 90-100, A 80-90, BB 70-80, B 60-70, CC 50-60, C 30-50, dan D 0-30. 

Dari 9 kabupaten/kita di Kaltim, daerah yang mendapat predikat B selain Kutim, ada Kutai Barat, Samarinda, Berau, Kutai Kertanegara, Bontang dan Balikpapan. Sedangkan Mahakan Ulu meraih predikat C. Sementara Paser dan Penajam Paser Utara masih di level CC.(*/hms7/hms3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini