Beranda Sosial & Kesehatan Rawat Hampir 9.000 Jiwa Pertahun -Puskesmas Long Mesangat Diusulkan Jadi Rumah Sakit

Rawat Hampir 9.000 Jiwa Pertahun -Puskesmas Long Mesangat Diusulkan Jadi Rumah Sakit

82 views
0

Suasana Musrenbang di Kecamatan Long Mesangat. (Foto : Alvian Pro Kutim)

LONG MESANGAT- Puskesmas Long Mesangat yang merawat hampir 9000 jiwa per tahun diusulkan menjadi Rumah Sakit. Pasien yang dirawat bukan hanya yang berasal dari 7 desa yang ada di Kecamatan Long Mesangat tapi juga warga desa dari kecamatan disekitarnya.

Saat ini kondisi fisik Puskesmas Long Mesangat kurang representatif bagi pasien terutama untuk rawat inap.Untuk tenaga medis, puskesmas masih kekurangan tenaga dokter gigi, bidan dan perawat. Hal ini disampaikan Sujono, staf Puskesmas Long Mesangat.

Menjawab hal tersebut, Wakil Bupati Kasmidi Bulang mengatakan akan segera menindaklanjuti dengan mengintruksikan Dinas Kesehatan mencatat kebutuhan yang diperlukan untuk Puskesmas Long Mesangat.

“Saya instruksikan kepada Dinas Kesehatan untuk inventarisir semua kebutuhan yang diperlukan. Untuk menjadikan rumah sakit tentu butuh studi kelayakan, apakah rehab, penambahan Alkes dan para medis atau menjadi rumah sakit.Di lain pihak, Pemkab juga sudah merencanakan pembangunan Rumah Sakit Pratama di Muara Bengkal,” ujarnya.

Sebelumnya Camat Long Mesangat, Emmanuel Eng menerima pagu kegiatan 2020 sebesar Rp 12,8 miliar untuk 27 kegiatan. Sedangkan pada 2021 Kecamatan Long Mesangat mengusulkan 38 program prioritas.(hms4/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here