Beranda Sosial & Kesehatan Pemkab Bangun Gedung Puskesmas Permanen di Karangan – Sudah Madya, Kejar Level...

Pemkab Bangun Gedung Puskesmas Permanen di Karangan – Sudah Madya, Kejar Level Akreditasi Lebih Tinggi

274 views
0

Saat bupati meletakan batu pertama puskemas karangan.(Wahyu Pro Kutim)

KARANGAN – Sejak tahun lalu, Puskesmas Karangan sudah sukses meraih akreditasi Madya. Demi mengejar level yang lebih tinggi, Pemkab Kutim melalui Dinas Kesehatan lantas membangun Gedung Puskesmas permanen. Yakni gedung Puskesmas lengkap.

“Dengan fasilitas rawat jalan, rawat inap, rumah dinas dokter dan paramedis, sekaligus meubelair hingga alat kesehatan. Fasilitas lengkap termasuk ambulance,” kata Kadinkes dr Bahrani didampingi Kabid Pelayanan Kesehatan Hj Siti Fatimah, Selasa (11/2/2020).

Akreditasi Puskesmas terdiri dari tingkat yang paling awal yakni dasar, madya, utama dan paripurna. Indikator penilaian Puskesmas dengan fasilitas lengkap dengan gedung permanen yang representatif sangat dominan. Dengan latar belakang tersebut maka Pemkab berupaya memenuhi beberapa indikator dan kriteria penilaian akreditasi tersebut. Nilai pembangunan Gedung Puskesmas permanen yang dibangun di Karangan menyedot biaya Rp 8,5 Miliar.

“Puskesmas di Karangan menjadi bukti perhatian khusus dari pemerintah dalam sisi kesehatan. Puskesmas Karangan akan memiliki bangunan baru lengkap dengan rumah dinas, rawat inap dan lengkap juga langsung dengan alkes, dan sudah ada mobil ambulannya,” kata Bahrani dan diaminkan oleh Fatimah.

Khusus pembangunan gedung ini, sudah diawali progresnya dengan peletakan batu pertama oleh Bupati Kutim H Ismunandar. Disela-sela kunjungan kerja Musrenbangcam pesisir.

“InsyaAllah pembangunannya tahun ini selesai dan bisa langsung dirasakan masyarakat Karangan. Kami pun telah menyiapkan tenaga kesehatannya, terutama dokter spesialisnya,” ujar Ismu saat itu.

Camat Karangan Matnuh mengapresiasi pak Kasiman, warga Karangan yang telah menghibahkan lahan pembangunan fasilitas kesehatan. Ia pun telah mengurus segala bentuk surat menyurat mengenai lahan tersebut. Dia berharap adanya gedung Puskesmas permanen dengan fasilitas lengkap ini bisa meningkatkan pelayanan kesehatan di Karangan.

“Ini sudah lama diidam-idamkan oleh seluruh masyarakat Karangan,” ungkapnya. (hms3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini