Beranda Pemerintahan Sejarah Baru, Sangkulirang Nikmati Air PDAM – Ismu Terharu, Pelayanan Cakup 18...

Sejarah Baru, Sangkulirang Nikmati Air PDAM – Ismu Terharu, Pelayanan Cakup 18 Kecamatan

605 views
0

Saat Bupati Ismunandar melakukan Uji Petik air dihalaman rumah Arbain, jalan M Yamin, Desa Benua Baru Ulu, Sangkulirang.(Dok PDAM TTB Kutim)

SANGKULIRANG – Masyarakat Sangkulirang pastinya sangat bersyukur dan bahagia, lantaran dibawah intevensi kebijakan Bupati Kutim H Ismunandar, akhirnya Pemkab Kutim tuntas menyediakan kebutuhan dasar, berupa air bersih di 18 kecamatan se Kutim. Apalagi kalau bukan melalui cakupan air bersih bersama PDAM Tirta Tuah Benua Kutim. Dengan begitu, kini masyarakat Sangkulirang sudah bisa menikmati fasilitas air bersih.

Kepastian beroperasinya pelayanam air bersih dua desa di Sangkulirang diawali dengan peresmian Kantor PDAM Unit Sangkulirang dan uji petik air oleh Bupati H Ismunandar di Desa Benua Baru Ulu, Selasa (11/2/2020).

“Saya terharu. (Mengalirnya air bersih PDAM) Ini menjadi sejarah baru, karena selama ini warga Sangkulirang hanya mengandalkan air hujan. Kini pertama kalinya bisa menikmati air PDAM setelah sekian lama,” kata Ismu yang juga Ketua Umum Kerukunan Warga Sangkulirang.

Ismu berharap kepada semua masyarakat, termasuk perangkat desa agar dapat menjaga kantor layanan yang dijalankan oleh PDAM Tirta Tuah Benua Kutim ini. Ismu menambahkan, pemasangan air PDAM nantinya di Sangkulirang akan dilakukan secara bertahap. Mengigat jumlah masyarakat yang ingin sambungan langsung cukup banyak. Sedangkan tenaga teknis yang akan melayani terbatas. 

“Bertahap, karena kebutuhan air di sini cukup besar” terangnya.

Acara itu disaksikan Ketua DPRD Kutim UR Encek Firgasih, Seskab Irawansyah, Direktur PDAM Tirta Tuah Benua Kutim Suparjan, jajaran direksi PDAM, sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD). 

Direktur PDAM Tirta Tuah Benua Kutim Suparjan mengatakan, dalam pemenuhan kebutuhan air bersih di Kecamatan Sangkulirang, pihaknua berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kutim dan Kaltim. Karena memang sebagian jaringan pipa di pasang oleh Dinas PU. Sedangkan Air yang didistribusikan ke Kecamatan Sangkulirang adalah air dari Instalasi Pengolahan Air (IPA) PDAM Unit Kaliorang. 

“Air disuplai dari IPA Kaliorang menuju booster KEK Maloy di Desa Bumi Sejahtera Kecamatan Kaliorang. Selanjutnya dipompa menuju ke Sangkulirang. Jaraknya 20 km,” ungkap Parjan yang pernah menkabat Kepala Bagian Perencanaan dan Pengawasan Teknik PDAM ini. 

Selanjutnya, sebelum mengalir ke rumah warga, PDAM akan melakukan beberapa tahapan. Salah satunya flashing pipa. Untuk membersihkan dan mengeluarkan endapan di pipa. Sehingga air yang akan mengalir nanti bersih dan memenuhi baku mutu air bersih. Bagi warga kecamatan Sangkulirang yang didepan rumahnya sudah ada jaringan pipa dapat mendaftar menjadi pelanggan di kantor layanan. 

“Namun, bagi warga yang didepan rumah belum ada jaringan pipa silahkan mendaftar untuk masuk dalam daftar tunggu. Bagi yang daerah yang belum ada jaringan pipa. Kami akan berkoordinasi dengan dinas PU untuk segera melakukan penanaman pipa jaringan,” terangnya.

Sebagai tambahan, Kantor Layanan PDAM Kutim Uniy Sangkulirang adalah bagunan kayu ulin dua lantai. Berada di Jalan RA Kartini dan memiliki dua ruangan utama. Disisi kanan berfungsi sebagai ruangan pembayaran tagihan air atau kasir. Sedangkan sebelah kiri melayani pendaftaran sambungan langganan baru.(*/hms7/hms3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini