Beranda Celebrity News Akhir Pekan, Ismu Pilih ke Pesisir Kunjungan Kerja – Resmikan Puskesmas, Pasar,...

Akhir Pekan, Ismu Pilih ke Pesisir Kunjungan Kerja – Resmikan Puskesmas, Pasar, Hingga Panen Raya

174 views
0

Bupati Kutai Timur H Ismunandar.(Dok Pro Kutim)

SANGATTA – Sabtu (15/2/2020) akhir pekan ini Bupati Kutim H Ismunandar akan kembali melanjutkan rangkaian kunjungan kerja ke wilayah pesisir. Setelah sempat jeda dua hari karena menyambut kedatangan Kapolda Kaltim Irjen Pol Muktiono di Sangatta, selama dua hari 13-14 Februari 2020.

Sesuai jadwal, Ismu bakal mengunjungi dua kecamatan, yakni Kaliorang dan Kaubun. Sejumlah kegiatan telah menanti kedatangan orang nomor satu di Pemkab Kutim tersebut. Di Kaliorang antara lain peresmian Puskesmas Desa Citra Manunggal, peresmian pasar rakyat dan RMU (rice milling unit) Desa Bangun Jaya. Berikutnya membuka Musrenbangcam Kaliorang sekaligus pelantikan BPD Bumi Sejahtera, Bukit Harapan, Selangkau, Bangun Jaya, Bukit Makmur, Manunggal Jaya, serta BPD Kaliorang.

Sedangkan kunjungan kerja di Kaubun, Ismu akan ikut panen raya Poktan Buana Sari. Serta Musrenbangcam Kaubun. Dirangkai dengan pengukuhan Pj Kades Mata Air. Peninjauan RMU di Kaubun jadi penutup kunjungan kerja Ismu ke wilayah pesisir.

Perlu diketahui, pelaksanaan ubinan panen raya bersama Poktan Buana Sari dilaksanakan di Desa Bumi Rapak, Kecamatan Kaubun. Hasil ubinan diprediksi mencapai 6,47 ton GKP (gabah kering panen). Poktan ini pada musim panen sudah menggunakan combine (mesin panen). 

Kelebihan menggunakan combine, biaya panen hanya Rp 2,5 juta/ha dengan waktu panen hanya 4 jam. Selesai panen proses pengeringan gabah sudah menggunakan vertikal drayer dengan kapasitas 6 ton dan RMU yang digunakan sudah dua pas (modern), dengan kualitas beras yang baik. Sedangkan apabila panen dengan cara konvensional dibutuhkan biaya panen Rp 4 – 4,5 juta/ha, sengan waktu pemanenan 3-5 hari. Artinya lebih hemat dan cepat menggunakan combine. (hms3)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini