Beranda Pemerintahan Air Bersih Sangkulirang Didukung Dua IPA – Dari SPAM KEK Maloy dan...

Air Bersih Sangkulirang Didukung Dua IPA – Dari SPAM KEK Maloy dan Kaliorang

367 views
0

Saat petugas PDAM melakukan pengerjaan instalasi IPA.(Dok PDAM TTB)

SANGKULIRANG – Direktur PDAM Kutim Suparjan menjelaskan, guna memaksimalkan pelayanan terhadap pelanggan di Sangkulirang, Kaliorang dan sekitarnya, di 2020 ini Dinas PU Kutim sudah menganggarkan pemasangan jaringan pipa tersier. Penyediaan kebutuhan air bersih Kecamatan Sangkulirang dan kecamatan sekitarnya dapat dilayani dari dua SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum). Yaitu melalui SPAM KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) Maloy Instalasi Pengolahan Air (IPA) dengan kapasitas terpasang 200 liter perdetik. Dikerjakan oleh Dinas PUPR Kaltim.

“Berfungsi menyediakan kebutuhan air bersih kawasan KEK Maloy dan sebagian  diperuntukkan untuk penyediaan kebutuhan air bersih di dua kecamatan yaitu Kaliorang dan Sangkulirang,” sebut Parjan, sapaan akrab Suparjan. 

Dijelaskan, sumber air baku IPA KEK Maloy berasal dari mata air Sekerat di Desa Sekerat Kecamatan Bengalon. Air baku dari mata air tersebut dipompa menuju IPA di KEK Maloy melalui pipa transmisi air baku diameter 500 mm sejauh 28 KM. Air baku diolah terlebih dahulu di IPA selanjutnya sebagian ditransfer menuju reservoir booster di desa Bumi Sejahtera atau SP 5 Kecamatan Kaliorang.

“Melalui pipa distribusi diameter 315 mm sejauh 10 KM. Selanjutnya air bersih dari reservoir booster tersebut dipompa menuju Desa Benua Baru Ulu, Benua Baru Ilir dan Desa Maloy Kecamatan Sangkulirang,” kata Parjan.

“Melalui pipa distribusi utama diameter 250 mm, 200 mm dan 160 mm sejauh 21 KM. Dengan kapasitas pompa 40 liter/detik, head pompa/daya dorong 80 Meter,” tambahnya.

Kedua didukung IPA Kaliorang dengan kapasitas terpasang 50 liter/detik. Sumber air baku dari mata air gunung Sekerat yang berlokasi eks PT Api Api dan PT GMP di Desa Bukit Makmur Kecamatan Kaliorang. Air baku disalurkan melalui pipa transmisi air baku dengan diameter 250 mm sejauh 16 KM menuju IPA kaliorang.  Dengan pola pengaliran secara gravitasi tanpa pemompaan. Elevasi mata air 256 mdpl dan elevasi IPA Kaliorang 100 mdpl.

“Air baku diolah di IPA Kaliorang selanjutnya didistribusikan ke 5 desa di Kaliorang. Yaitu Desa Bukit Makmur, Bangun Jaya, Citra Manunggal Jaya, Kaliorang dan Bumi Sejahtera. Selanjutnya sebagian kapasitas IPA mengganggur atau idle capacity disalurkan menuju reservoir booster KEK Maloy di Desa Bumi Sejahtera SP 5 sejauh 20 KM,” ujar Parjan.

Selanjutnya dari reservoir booster dipompa menuju Desa Benua Baru Ulu, Benua Baru Ilir dan Desa Maloy Kecamatan Sangkulirang. Melalui pipa distribusi utama diameter 250 mm, 200 mm, 160 mm sejauh 20 KM, kapasitas pompa 40 liter/detik dg head pompa atau daya dorong 80 Meter. Ketersediaan kapasitas produksi IPA dan air baku Kecamatan Sangkulirang terutama tiga desa yaitu Benua Baru Ulu, Benua Baru Ilir dan Desa Maloy cukup aman, yaitu bisa disuplai dari SPAM KEK Maloy dan dari IPA Kaliorang,” pungkas Parjan. (hms3)

2020 Ini, PDAM Target 500 SL Terpasang di Sangkulirang – Bertahap 1.600 Sambungan Untuk Dua Desa

SANGKULIRANG- Uji petik air bersih PDAM Tirta Tuah Benua Kutim di Sangkulirang sudah dilaksanakan. Selanjutnya, secara bertahap distribusi air ke rumah-rumah warga juga dilakukan. Tapi pertama-tama masyarakat harus mendaftar sebagai pelanggan. Di Kantor Unit PDAM Sangkuliran yang melakukan pelayanan.

“Semua sambungan langganan akan dimaksimalkan secara bertahap. Namun hal pertama yang mesti dilakukan warga Sangkulirang adalah melalukan pendaftaran,” imbau Direktur PDAM Tirta Tuah Benua Kutim Suparjan, usai uji pentik air bersih PDAM oleh Bupati H Ismunandar, belum lama ini.

Parjan, sapaan Suparjan menyebut pihaknya memiliki beberapa target pelayanan di pesisir, khususnya Sangkulirang. Pertama, sambungan secara bertahap kepada 1.000 rumah di Desa Benua Baru Ilir. Kedua, 600 sambungan lagi, juga secara bertahap di Desa Benua Baru Ulu. Total untuk dua desa secara bertahap 1.600 sambungan langganan (SL).

“Khusus di 2020 ini, target sambungan langganan, sebanyak 500 sambungan. Menyesuaikan kesiapan jaringan pipa tertier yang telah terpasang,” jelasnya lagi.

Suparjan meminta masyarakat bersabar dan mendukung program PDAM Kutim. Dia optimis kedepan pelayanan air bersih PDAM kepada masyarakat semakin meningkat. Seiring terealisasinya program-program yang ada. (hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here