Beranda Kutai Timur Maret, Kutim Tuan Rumah HUT Ke-101 Damkar Se-Kaltim

Maret, Kutim Tuan Rumah HUT Ke-101 Damkar Se-Kaltim

197 views
0

Sekretaris Daerah, Irawansyah memimpin rapat finalisasi HUT ke101 Damkar tingkat Provinsi Kaltim didampingi Plt.DPKP,Nurjaen dan Ka Satpol PP Provinsi Gede Yusa.(Vian Pro Kutim)

SANGATTA- Sekretaris Daerah Kutai Timur, Irawansyah memimpin rapat finalisasi HUT ke 101 Pemadam Kebakaran (Damkar) untuk tingkat Provinsi Kalimantan Timur tahun 2020 di ruang Arau, Kantor Bupati Senin (25/1/2020). Puncak pelaksanaan HUT ke 101 Damkar akan dilaksanakan 15-17 Maret 2020 di Sangatta,Kutim.

Dalam peringatan HUT Damkar ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan yakni workshop, rakorda, pameran alat damkar, eksibisi penanganan kebakaran dan “skill competition” antar seluruh Damkar se-Kaltim serta pembentukan dan pelantikan pengurus Asosiasi Pemadam Kebakaran tingkat Provinsi Kaltim.

“Ini adalah rapat finalisasi, artinya tinggal membahas hal- hal sederhana dan teknis saja, kalau ada yang perlu dilengkapi atau ditambah tinggal ditindaklanjuti,” jelas Irawansyah.

Ia meminta kepada seluruh peserta Damkar se-Kaltim untuk memanfaatkan kegiatan ini sebagai ajang silaturahmi dan “sharing knowledge” dalam penanganan kebakaran termasuk penanggulangan kebakaran dan hutan (Damkar).

“Pertemuan ini adalah momen yang sangat tepat untuk bertukar informasi dan pengalaman dengan teman – teman dari daerah lain, apalagi dengan menghadirkan narasumber dari Jakarta sehingga kesempatan ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin, sekaligus menguji ketangkasan dan keahlian,” ujar Irawansyah.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP), Nurjaen mengatakan bahwa kegiatan HUT ke 101 Damkar ini dipusatkan di polder Sangatta di jalan Ilham Maulana yang dihadiri 10 Damkar kabupaten kota, provinsi dan beberapa perusahaan tambang yang ada di Kutim.

“HUT kali ini mengusung tema Peningkatan SDM DPKP yang unggul guna terwujudnya perlindungan masyatakat menuju Indonesia maju. Dan ada tujuh lomba kegiatan skill competition yang akan dipertandingkan diantaranya, menarik mobil, membalik ban, menggelar dan menggulung selang air, menembak sasaran dan menyeret Manekim,” jelasnya.

Dia menambahkan ada sekitar 300 peserta dmyang akan hadir pada puncak peringatan HUT ke 101 Damkar di halaman kantor bupati selain personel dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Badan SAR, Satpol PP, serta dari Kodim 0909/SGT, Lanal Sangatta dan Polres Kutim serta tim Fire and Rescue dari perusahaan tambang.(hms4/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here