Beranda Entertainment Lampaui 30 Ribu Pelanggan – PDAM Kutim Rencanakan Ubah Perusda Jadi Perumda

Lampaui 30 Ribu Pelanggan – PDAM Kutim Rencanakan Ubah Perusda Jadi Perumda

120 views
0

Direktur PDAM Kutim Suparjan.(Dok Pro Kutim)

SANGATTA – Dalam waktu dekat PDAM Kutai Timur (Kutim) akan melakukan perubahan badan hukum yang sebelumnya berstatus Perusahaan Daerah (Perusda) menjadi Perusahaan Umum Daerah (Perumda). Hal tersebut langsung dilaporkan oleh Direktur PDAM Kutim Suparjan selepas giat Coffee Morning di Kantor Bupati Kutim, Senin (24/2/2020).

Dikatakan Parjan sapaan akrabnya PDAM Kutim akan mengejar status Perumda, sehingga salah satu pemegang sahamnya tak sepenuhnya dikuasai oleh suatu daerah. Karena direksinya bakal dipegang lebih dari satu orang.

“Ya sebetulnya harus sudah berubah menjadi Perumda. Kami lagi melakukan persiapan tahapannya. Perubahan status ini juga membuat penyertaan modal PDAM Kutim bisa lebih luas, bukan hanya dari APBD tapi bisa berasal dari investor,” jelasnya.

Ditambahkan Parjan salah satu faktor lain yang menentukan PDAM Kutim harus berubah menjadi Perumda yaitu kini PDAM Kutim pelanggannya sudah melampaui 30 Ribu pelanggan. Nah, perubahan harus dilakukan jika memenuhi syarat sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 54 tahun 2017 tentang Badan Usaha Milik Daerah atau BUMD.

“Hal ini yang juga mendukung PDAM Kutim bisa menjadi Perumda. Posisi sekarang sudah mencapai 29.142 sambungan jadi sebentar lagi memenuhi syarat untuk di Perumda. Saya juga akan siapkan dari sisi aturan,” tambahnya.

Draft Perumda PDAM Kutim saat ini juga tengah digodok dan ditarget akan rampung dalam minggu ini.

“Saya sudah mengajukan drafnya, mungkin dalam minggu ini sudah selesai. Nanti bentuknya Perumda PDAM Kutim,” tambahnya.

Dengan status sebagai Perumda, PDAM Kutim memiliki opsi penambahan atau penyertaan modal. Dengan modal yang lebih besar pelayanan PDAM semakin baik. (hms13/hms4/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here