Beranda Kutai Timur Distan Kutim Konsentrasi Kembangkan Hortikultura – Khususnya Tanaman Dengan Nilai Ekonomi Tinggi

Distan Kutim Konsentrasi Kembangkan Hortikultura – Khususnya Tanaman Dengan Nilai Ekonomi Tinggi

183 views
0

Dinas Pertanian Kutim, sebut kedepan Distan Konsentrasi Kembangkan Tanaman Hortikultura (Wak Hedir Pro Kutim)

SANGATTA – Dinas Pertanian Kabupaten Kutai Timur (Distan Kutim) saat ini tengah meningkatkan konsentrasi mengembangkan tanaman hortikultura. Hal ini dibeberkan Kepala Dinas Pertanian Kutim, Sugiono, saat ditemui awak media, usai Coffee Morning, Senin (9/3/2020) lalu.

Sugiono menambahkan, sebelumnya Kutim sudah ekspor pisang ke Malaysia. Selanjutnya, tahun ini akan ditambah penanaman pisang kurang lebih 198 Hektare. Menyusul akan dikembangkan buah Kelengkeng di Kecamatan Kaliorang dan Kaubun serta di Sangatta Selatan. Dia berharap dengan semakin terbatasnya lahan, komoditi – komoditi yang punya harga jual atau nilai ekonomi tinggi bagi para petani akan terus dikembangkan budidayanya.

“Skalanya tidak perlu luas tetapi hasilnya yang besar,” kata Sugiono. “Sebab harga kelengkeng cukup tinggi, seperti lengkeng ini harga Rp 45.000 per kilogramnya,” tambah mantan penyuluh pertanian ini.

Terkait dengan hal itu, Sugiono menjelaskan pihaknya baru-baru ini telah melakukan kunjungan kerja ke Magelang. Tepatnya di lokasi pengembangan kelengkeng. Rencananya, bibit kelengkeng akan  diambil dari Magelang. Yakni dari sumber benih yang resmi dan terbukti kualitasnya baik.

“Sudah di uji coba (kelengkeng asal Megelang) di Kabupaten Paser dan hasil produksinya cukup memuaskan. Sebab satu pohon saja bisa menghasilkan 1 kwintal. Dengan jarak tanam 6×6 bisa tanam 100 pohon, bisa dibayangkan 1 pohon bisa menghasilkan Rp 4,5 juta,” pungkasnya. (hms15)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here