Beranda Celebrity News Tiga Bulan Hasilkan RP 200 Juta – Bupati Ismunandar Panen Perdana Semangka...

Tiga Bulan Hasilkan RP 200 Juta – Bupati Ismunandar Panen Perdana Semangka di Bengalon

358 views
0

Bupati Kutim H Ismunandar melakukan panen perdana semangka. (Wardi Pro Kutim)

BENGALON – Bupati Kutim H Ismunandar melakukan panen perdana semangka di lahan kebun milik BUMDes Ulun Lebok Mandiri, desa Tebangan Lembak, kecamatan Bengalon, Senin (16/3/2020) siang. Lahan seluas tiga hektare itu baru ditanam 1,5 hektare.

Orang nomor satu di Kutim ini merasa gembira karena hasil panen semangka cukup baik dan mampu memberikan keuntungan bagi masyarakat di Bengalon, khususnya desa Tebangan Lembak, kecamatan Bengalon.

Selama tiga bulan petani semangka di Bengalon mampu menghasilkan Rp 200 juta. Angka tersebut belum dikurangi biaya operasional selama musim tanam sampai panen yang diperkirakan sekitar tiga bulan.

Mantan Seskab Kutim ini menyambut baik adanya panen perdana semangka yang dikelola BUMDes dan dirinya bisa menghadirinya saat panen perdana ini. Kedatangan orang nomor satu di Kutim ini memberikan motivasi bagi petani untuk lebih giat dan semangat lagi dalam menanam semangka di masa mendatang.

“Saya berharap hasil panen semangka bisa dibeli oleh perusahaaan sekitarnya, meski ada juga yang dipasarkan di masyarakat. Dengan demikian sangat membantu masyarakat dalam pemasaran produk hasil pertanian warga,” katanya.

Rudi dari BUMDes Ulun Lebok Mandiri desa Tebangan Lembak menjekaskan proses tanaman semangka yang dikelola BUMDes tersebut. Mengenai lahan yang ada sekitar 3 (tiga) hektare, sedangkan yang sudah ditanam satu setengah hektare.

“Kami targetkan panen sebesar 40 ton. Dari hasil itu diperkirakan akan mendapat hasil sekitar Rp 400 juta. Jumlah tersebut belun dikurangi biaya produksi sekitar Rp 30 juta, upah tenaga kerja sekitar Rp 90 juta. Sehingga BUMDes bisa mengantongi keuntungan sekitar Rp 280 juta,” katanya.(hms2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here