Beranda Celebrity News Waspada Penyebaran Virus Corona – Ismu Minta Warga Adopsi PHBS Hingga Liburkan...

Waspada Penyebaran Virus Corona – Ismu Minta Warga Adopsi PHBS Hingga Liburkan Sekolah

308 views
0

Bupati Kutai Timur H Ismunandar melakukan Konferensi pers di hadapan awak media terkait Covid 19 . (Dok Pro Kutim)

SANGATTA – Penyebaran Corona Virus Disease 19 (Covid-19) yang sudah mendunia akhirnya disikapi lebih serius oleh Pemerintah Rebulik Indonesia. Menindak lanjuti arahan Pemerintah Pusat, akhirnya Bupati Kutai Timur (Kutim) juga menerbitkan surat edaran bernomor 180/16/HK.PUU/III/2020. Sehubungan dengan telah ditetapkannya Covid 19 sebagai pandemic global oleh World Health Organization (WHO/Organisasi Kesehatan Dunia).

Dalam surat edaran kali ini Ismu, sapaan akrab Bupati Kutim mengimbau seluruh warga Kabupaten Kutim untuk meningkatkan kewaspadaan diri dengan berperilaku pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Menghindari keramaian dan perjalanan tidak penting. Apabila menemukan kasus Corona Virus Disease 19 (Covid-19) agar menghubungi call center Lelly (0813-4739-1313) dan Yusuf (0812-5511-712),” sebut Ismu dalam poin dua dan tiga surat edaran tersebut.

Agar gerakan melawan Covid-19 bisa dilaksanakan lebih massif, Ismu menginstruksikan Camat, Lurah, RT dan semua warga segera melaporkan, apabila mengetahui warganya yang pulang dari perjalanan luar negeri dan tempat lain. Terutama dari negara yang terjangkit Covid-19 ke call center dan Dinas Kesehatan. Tak hanya itu sebagai tindakan preventif, Bupati juga mengimbau agar seluruh sekolah di Kutim diliburkan selama 14 hari. Terhitung mulai 18 Maret 2020. Dengan memberlakukan pembelajaran jarak jauh melalui https://belajar.kemdikbud.go.id. Dilingkup pemerintahan, kegiatan yang diadakan oleh Pemkab Kutim atau pihak lain yang melibatkan massa juga dihentikan sementara.

“Seluruh tenaga dan fasilitas pelayanan kesehatan dalam keadaan siaga, menghadapi penyebaran pandemic Corona Virus Disease 19 (Covid-19) di Kabupaten Kutim dan mengikuti ketentuan yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Timur,” tulis Ismu dalam surat edaran yang ditanda tanganinya.

Diakhir surat edaran tersebut, Ismu meminta agar imbauannya menjadi perhatian dan segera dilaksanakan. Demi menghalau potensi penyebaran Covid-19. (hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here