Beranda Uncategorized Akses Jalan di Km 7 Sangatta-Bontang Kembali Normal – PUPR Kaltim dan...

Akses Jalan di Km 7 Sangatta-Bontang Kembali Normal – PUPR Kaltim dan PU Kutim Responsif

215 views
0

Sejumlah kendaraan melintas di Jalan Poros Bontang Sangatta Km 7 yang kini sudah kembali dilintasi pasca amblas. (Foto: Irfan Pro Kutim)

SANGATTA- Kondisi Jalan amblas di Km 7 Poros Bontang-Sangatta, Dusun Bumi Indah, Desa Sangatta Selatan, Kutai Timur (Kutim) kini sudah berangsur pulih dan bisa dilewati kendaraan. Dari pantauan Pro Kutim pukul 16.00 Wita, Rabu (18/3/2020), lubang jalan sudah ditutup dengan material tanah dan coran agregat yang sebelumnya bolong atau runtuh sedalam 3 meter.

Menurut Ridwan, warga Dusun Bumi Indah yang rumahnya tidak jauh dari lokasi jalan menuturkan jika jalan sudah bisa dilewati, sejak beberapa pekerja dari Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kaltim dan Dinas PU Kutim menimbun beberapa material tanah dan coran untuk menutup jalan amblas. Tidak hanya itu, beberapa pekerja juga memasang penyangga kayu ulin dibawah jembatan untuk menopang kekuatan jembatan.

“Satu buah unit excavator diturunkan untuk menutup lubang jalan yang amblas dengam material tanah. Dibawah jembatan, gorong-gorong juga sudah diperbaiki dengan coran beton, ditopang dengan kayu ulin sebagai penyangga,” bebernya.

Ridwan menambahkan cukup bersyukur jalan amblas sudah bisa kembali normal, kendaraan roda dua, empat, hingga delapan sudah bisa melewati jalan tersebut sejak amblas pada Kamis (12/3/2020) lalu.

“Sebelumnya sempat terjadi kemacetan, karena pihak Satlantas Polres Kutim memberlakukan sistem buka tutup. Tidak hanya itu jika malam cukup berbahaya jika tidak diperbaiki, mengingat kondisi disekitar jalan cukup gelap. Alhamdulillah para pemangku kebijakan dari dinas terkait langsung responsif bergerak cepat dalam penanganan jalan amblas,” paparnya.

Sebelumnya pihak PUPR Kaltim, Pemkab Kutim melalui PU Kutim dan Balai Pembangunan Jalan Nasional (BPJN) Wilayah XII menindaklanjuti laporan setelah terjadinya jalan amblas dilokasi tersebut. Jalan itu, merupakan jalan nasional yang menghubungkan Kutim dengan Bontang. Sekaligus merupakan satu-satunya akses Trans Kalimantan yang menghubungkan Kutim dengan Bontang bahkan Samarinda.

Melihat itu, semua pihak terkait langsung menanggapi dengan sigap. Tim bergegas ke lapangan untuk mengecek dan mengamankan lokasi. Tak butuh waktu lama, beberapa alat berat sudah disiapkan. Pengerjaan perbaikan jalan langsung dimulai. (hms13)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here