Beranda Umum & Ekonomi Pasokan Sembako di Kutim Aman ! – Disperindag Pastikan Cukup Hingga Ramadhan

Pasokan Sembako di Kutim Aman ! – Disperindag Pastikan Cukup Hingga Ramadhan

193 views
0

Kepala Seksi Dalam Negeri Disperindag Ahmad Doni Efriadi. (Wak Hedir Pro Kutim)

SANGATTA- Kebijakan pemerintah yang mengimbau masyarakat berdiam diri dirumah demi memutus penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) sedikit banyaknya berdampak pada perilaku membeli kebutuhan bahan pokok oleh masyarakat. Akibat kekhawatiran berlebih akhirnya terjadi “panic buying”. Yakni respon manusia untuk bertahan hidup dan menimbun merupakan cara manusia merespon situasi yang serba tak pasti. 

Menyikapi kondisi ini, Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) melalui Satgas Siaga Covid-19 terus melakukan langkah sosialiasi maupun pencegahan menyeluruh. Terkait hal-hal yang patut dilakukan masyarakat dalam memghadapi pandemi Virus Corona. Salah satunya menyiapkan kebutuhan pokok sesuai keperluan. 

Sebab kepanikan berlebih justru membuat hal-hal yang seharusnya dapat ditangani dengan aman dan terkendali, malah menjadi persoalan baru. Termasuk dalam hal melakukan pembelian barang-barang kebutuhan pokok secara berlebihan diluar hari-hari biasa, sejak kabar pandemi corona menyebar diberbagai media sosial. 

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kutim sendiri selalu meminta warga agar tetap tenang. Terutama dalam mencukupi kebutuhan pokok yang dibeli di pasaran. Kendati demikian, agar tak terjadi kelangkaan stok sembako dipasaran, Disperindag terus melakukan sejumlah langkah antisipatif. Yakni memastikan stok sembako aman hingga beberapa bulan mendatang.

“Alhamdulillah, untuk sementara ini terkait stok sembako di Kutim masih terkendali. Untuk stok yang ada masih mencukupi hingga menjelang masuk bulan suci Ramadhan,” jelasnya Kepala Disperindag Kutim Zaini melalui Kepala Seksi Dalam Negeri Ahmad Doni Efriadi saat dihubungi wartawan pada Minggu (22/3/2020) malam kemarin.

Dia menyebut Disperindag Kutim akan terus melakukan pemantauan ke sejumlah agen dan distributor sembako. Agar ketersediaan sembako tetap aman dan cukup sebagaimana data yang dimiliki oleh dinas tersebut.

“Kita akan terus memantau, rencananya Selasa (24/3/2020) kita akan turun lagi kelapangan. Untuk mengecek semua yang berkaitan dengan kebutuhan pokok masyarakat,” jelasnya.(hms15)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here