Beranda Sosial & Kesehatan Apoteker Kutim Tanggap COVID-19 – Bagikan Ratusan Hand Sanitizer ke Warga

Apoteker Kutim Tanggap COVID-19 – Bagikan Ratusan Hand Sanitizer ke Warga

649 views
0

Kegiatan aksi sosial Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Cabang Kabupaten Kutai Timur (Kutim) bagikan ratusan hand sanitizer kepada warga sangatta. (Ist) 

SANGATTA – Hand Sanitizer alias pembersih tangan adalah salah satu produk farmasi yang paling dicari-cari masyarakat di tengah pandemi Corona Virus Disease 19 (COVID-19). Selain berdampak pada kelangkaan masker, kini hand sanitizer pun sulit didapat, bahkan kosong di distributor. 

Menyikapi persoalan tersebut, Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Cabang Kabupaten Kutai Timur (Kutim) yang termasuk garda terdepan dalam pelayanan kefarmasian hadir dan berperan sesuai kemampuannya melayani masyarakat. Kepedulian para Apoteker ini ditunjukkan dengan membagikan sekitar 500 Hand Sanitizer secara gratis. 

“Kegiatan ini kami bingkai dalam aksi sosial ‘Apoteker Kutai Timur Peduli Pandemi COVID-19’. Teriknya sinar matahari sore,  tidak menyurutkan semangat kami untuk berbagi kepada masyarakat Kutim, khususnya Sangatta,” ungkap Ketua Panitia Victor Aning, Senin (30/3/2020).

Lebih lanjut Victor menambahkan,  kegiatan tersebut dilaksanakan di tiga titik. Yakni, pertigaan pos polisi Jalan A Wahab Syahranie (eks Jalan Pendidikan), pertigaan Jalan APT Pranoto dan di Folder Sangatta Jalan Ilham Maulana. 

“Sebanyak 30-an Apoteker dikerahkan untuk membagikan hand sanitizer tersebut kepada ratusan warga. Untuk simpang tiga A Wahab Syahranie dan APT Pranoto dibagaikan kepada pengendara roda dua (motor) maupun kendaraan roda empat (mobil). Sedangkan di Folder dibagikan kepada warga yang sedang olahraga dan mancing,” tutur Victor. 

Walaupun tak banyak yang dapat dibagikan, dirinya berharap hal tersebut bisa bermanfaat dalam menjaga kebersihan tangan. Sebab, tangan salah satu bagian tubuh yang sering dipakai untuk menyentuh apapun. Sehingga berpotensi paling besar menularkan COVID-119.  Ia pun mengucapkan terima kasih kepada para Apoteker yang ada di Sangatta karena memiliki kepedulian dalam kondisi saat ini. 

Untuk diketahui, IAI Kutim juga telah banyak melakukan menggelar kegiatan-kegiatan sosial  lainnya. Diantaranya ikut aktif dalam siaran di RPD bersama KPC, bakti sosial berupa penyuluhan kepada masyarakat. Terbaru adalah edukasi dan penyuluhan obat kepada anak sekolah dasar (SD) serta pemilihan Apoteker Cilik. 

Dalam rangkaian peduli pandemi CoVID-19, selain pembagian hand sanitizer gratis, IAI Kutim juga sementara mengalang donasi untuk disumbangkan kepada Rumah Sakit rujukan COVID-19. Kemudian, rencana aksi sosial berikutnya akan diadakan lagi adalah pembagian masker maupun hand sanitizer. (hms15/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here