Beranda Kutai Timur Pehelung Ka’uh Tupuh Duma Lebau Desa Miau Baru Ditunda

Pehelung Ka’uh Tupuh Duma Lebau Desa Miau Baru Ditunda

572 views
0

Pengumuman Panitia Acara Adat Pehelung Ka’uh Tupuh Duma Lebau Desa Miau Miau Baru.(Dok Pro Kutim)

KONGBENG – Pagelaran acara Adat Pehelung Ka’uh Tupuh Duman Lebau, di Desa Miau Baru Kecamatan Kongbeng Kabupaten Kutai Timur (Kutim) yang sedianya dilaksanakan pada 15 – 21 April 2020 akhirnya ditunda sampai waktu yang belum dapat ditentukan. Kebijakan ini diambil Panitia Pelaksana, sesuai Surat Edaran Bupati Kutai Timur Nomor : 180/16/HK.PUUU/lll/2020, tanggal 16 Maret 2020 untuk mengantisipasi pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Mengapa ditunda? Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Yusni Sofian menjelaskan, potensi menimbulkan kerumunan massa adalah penyebabnya.

“Dan yang paling kita khawatirkan adalah acara ini secara otomatis akan mengundang pengunjung dari luar desa maupun luar kota. Serta di tengah kondisi pandemi COVID-19 sebagaimana terjadi saat ini, sangat tidak memungkinkan untuk melaksanakan pagelaran acara adat Pehelung Ka’uh Tupuh Duman Lebau Desa Miau Baru Tahun 2020,” terang Yusni.

Maka dari itu untuk menghindari dan melindungi masyarakat Desa Miau Baru dari penyebaran COVID-19 yang sedang merebak di seluruh dunia, pihaknya lebih memilih opsi penundaan kegiatan. Namun sebelum memutuskan, pihak panitia lebih dulu melakukan rapat.

“Semua akan (dilaksanakan) tergantung pada situasi dan kondisi (terbaru). Namun, bilamana sudah betul-betul dianggap aman maka pelaksanaannya kegiatan tersebut akan di bicarakan lagi,” jelasnya.

Yusni menambahkan, setelah ini apabila kondisi sudah memungkinkan untuk dilaksanakan kembali, maka pihak panitia akan memberitahukan ulang dan undangan pelaksanaan acara disampaikan kembali kepada Pemkab Kutim.

“Dengan catatan situasi telah betul-betul dianggap aman,” tegasnya. (hms15/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here