Beranda Pemerintahan Sementara Bapenda Kutim Lakukan Layanan Daring – Jalankan Instruksi Bupati, Selama Pandemi...

Sementara Bapenda Kutim Lakukan Layanan Daring – Jalankan Instruksi Bupati, Selama Pandemi COVID-19

207 views
0

Kepala Bapenda Kutim Musyaffa menandatangani berita acara peresmian gedung baru Bapenda Kutim disaksikan oleh Bupati Ismunandar. Foto: Irfan Pro Kutim

SANGATTA-Gedung dengan tampilan renovasi baru di Kantor Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kutai Timur (Kutim) siap menjalankan intruksi Bupati Ismunandar yaitu melakukan pelayanan secara online dan via aplikasi pesan Whats App di tengah Pandemi Covid-19.

Seperti diketahui, sebagai leading sektor pengelolaan pendapatan daerah, Bapenda Kutim fokus mengelola 11 objek pajak. Sesuai Perda Nomor 1 Tahun 2019, yaitu pajak hotel, restoran, hiburan, reklame, penerangan jalan, parkir, air bawah tanah, sarang burung walet, mineral bukan logam dan batu, Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) desa/kota, dan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

Ditemui selepas peresmian gedung baru Bapenda Kutim oleh Bupati Ismunandar, Rabu (15/4/2020), Kepala Bapenda Kutim Musyaffa mengatakan pelayanan online ini harus dimaksimalkan apalagi didukung dengan ruangan baru yang repsentatif buat staff Bapenda bekerja.

“Dalam masa Pandemi Covid-19 ini, Bapenda tetap melakukan imbauan menjaga jarak. Pembayar setoran pajak tidak perlu repot ke Loket Kantor Bapenda dengan tatap muka, melainkan transaksi pajak diganti dengan penggunaan aplikasi online atau bisa juga menggunakan Whats App menggunakan smartphone pribadi. Kami menerapkan aturan pusat terkait social distancing dan physical distancing yang diterapkan di Kutim,” ungkapnya.

Lebih jauh Musyaffa menambahkan untuk layanan via Whats App caranya dengan mengirim pesan pada nomor Whats App Bapenda Kutim. Ada tiga nomor yang diterbitkan Bapenda untuk tiga pelayanan berbeda. Yakni, Pendapatan Asli Daerah (PAD), Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) serta Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

“Pelayanan PAD, bisa menghubungi nomor 081277770665, sementara untuk BPHTB bisa dilakukan dengan mengirim pesan ke nomor 082187070330. Sedangkan untuk informasi PBB bisa ke nomor 081257500936. Nomor-nomor pelayanan tersebut dapat diakses pada jam kerja pelayanan, yakni setiap hari Senin sampai Kamis, pukul 09.00 sampai 12.00 Wita siang,” tutupnya.(hms13/hms3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here